Kapal Karam, 3 Nelayan Nyaris Tewas

Rabu 19-04-2017,15:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress -  Tiga orang nelayan Kabupaten Mukomuko, yaitu  Nuryanto (40), Sunari (28) dan Jefri (35), warga SP 10  nyaris tewas di laut. Untung saja, ketiga nelayan tersebut berhasil di selamatkan  Komandan Pos TNI AL Mukomuko, kemarin (18/4). Ini setelah ketiga nelayan yang tengah mencari ikan di  perairan Teluk Pulai, Kecamatan Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat itu, terdampar akibat kapal yang ditumpanginya karam akibat diterjang gelombang.

Pemilik kapal, Kalim kepada Bengkulu Ekspress  mengatakan,  peristiwa itu terjadi ketika anak buahnya tersebut tengah  melakukan aktifitas penangkapan ikan.  Sekitar 200 meter dari pinggir laut, datang ombak besar menghantam kapal dan ketiga awaknya.  Akibatnya, kapal karam, beberapa alat tangkap hilang, sayap kapal patah dan  mesin mati. Sedangkan ketiga awak berhasil menyelamatkan diri dengan menggunakan pelampung berenang  menuju darat.

“Beruntung saat itu, jarak karamnya kapal ke pinggir sekitar 200 meter. Ketiga nelayan kami berhasil  menyelamatkan diri dengan  cara berenang,” katanya.

Pihaknya mengetahui kejadian  itu dari  informasi nelayan setempat. Ia selaku pemilik kapal  langsung  menghubungi pihak – pihak terkait.

“Alhamdulillah, ketiga awak kapal dalam keadaan selamat. Ini setelah Komandan Pos AL Mukomuko langsung  turun ke lapangan mengunakan speedboat,” ungkapnya. Sementara  Komandan Pos Angkatan Laut (Posal)  Mukomuko, Peltu   Agus Sapto mengatakan, pihaknya hanya sebatas menyelamatkan nelayan yang terdampar di perairan Teluk Pulai. Ia bersama satu orang nelayan setempat menuju lokasi  dengan jarak tempuh dua jam menggunakan speedboat milik Dinsos.

“Ketiga nelayan  kita selamatkan dan dibawa  ke Pos. Sedangkan kapal jongkong untuk sementara masih di lokasi, karena sulit  untuk dibawa. Selain gelombang  tinggi, juga mesin kapal tersebut mati,”  ungkapnya. (900)

Tags :
Kategori :

Terkait