Promosikan Wisata Melalui Biattex

Jumat 17-03-2017,10:30 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

BENGKULU, BE - Tak hanya menggelar berbagai perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Bengkulu ke-298, Walikota H Helmi Hasan SE juga mempromosikan wisata Kota Bengkulu melalui pameran Bengkulu Invesment, Agriculture, Tourism dan Trade Expo (Biattex) di Bencoolen Mall, kemarin (16/3).

Dalam pameran ini, Pemkot menyiapkan sebanyak 40 stand yang diisi oleh kabupaten dan beberapa provinsi lain untuk saling memamerkan budaya, objek wisata, kuliner, dan bidang jasa masing-masing daerah.

Dalam sambutannya, Helmi Hasan merasa senang dengan kehadiran daerah-daerah lain ke Kota Bengkulu untuk memperkenalkan produk-produk lokal se-Indonesia.

Ia pun turut mendorong dan mendukung produk lokal nusantara dan khsusnya produk Bengkulu bisa lebih kompetitif dan masuk dalam jajaran produk nasional.

\"Sampaikan kepada Bupati Walikotanya salam hormat dari kami, terima kasih atas ucapannya dalam HUT Kota ke-298. Saya mendorong agar kreatifitas lokal daerah bisa bersaing ditingkat nasional,\" ucap Helmi saat membuka pameran.

Ia juga menyampaikan bahwa provinsi-provinsi lain harus membuka mata untuk melihat kekayaan wisata di Kota Bengkulu, seperti Pantai Panjang, wisata sejarah, Anggrek Pensil, hasil karya kerajinan tanggan, batik basurek begitu pula makanan-makanan khas yang memiliki rasa yang sangat berkualitas.

Sebagai wujud dorongan terhadap upaya mengenalkan keunggulan lokal ini, menurut Helmi Pemerintah Kota Bengkulu akan membuatkan panggung agar produk unggulan lokal bisa terus tumbuh dan berkembang sehingga memiliki tempat di pasaran.

\"Mudahan-mudahan 2018 Kota Bengkulu kita bangun alun-alun sebagai panggung dan tempat yang nyaman bagi pengrajin produk-produk lokal kita,\" ungkap Politisi PAN ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu, Drs Eddyson menyampaikan, dengan adanya Biattex Expo ini, maka Kota Bengkulu akan semakin dikenal wisatawan luar, karena banyak menghadirkan kegiatan-kegiatan yang berskala nasional. Bahkan melihat antusiasme daerah lain untuk bergabung dalam pameran ini, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pameran yang lebih megah lagi dan menambah jumlah stand dari yang ada saat ini.

\"Kita memang sengaja mengambil moment HUT kota ini, mungkin masih ada orang yang tidak tahu Bengkulu, maka dengan banyaknya provinsi lain seperti Kalimantan, Surabaya, Sidoarjo, dan paling jauh dari Sulawesi yang ikut pameran ini jadi orang bisa kenal apa yang ada di Kota Bengkulu ini. Tahun depan kita akan tingkatkan lagi mobilitas kita untuk mengundang se-Indonesia,\" sampainya.

Di bagian lain, Manager PT Visi Sinergi Antar Nusa, Widya Saskia selaku pihak penyelenggara kegiatan ini menuturkan, pameran ini sebagai ajang promosi potensi lokal daerah masing-masing.

Adapun cara agar produk lokal bisa lebih kompetitif penjual harus terus melakukan inovasi-inovasi dalam menunjukkan keunggulan produk yang berkualitas. Dan tidak kalah pentingnya dengan menggalang kerjasama dengan pihak investor.

\"Pameran ini agar bisa saling mengenal apa-apa saja yang menjadi potensi disetiap daerah sehingga bisa bertumbuh dan berkembang. Jalinan kerjasama pengrajin dan investor harus dalam iklim usaha yang sehat,\" tutur Widya.

Kegiatan Biattex Expo ini akan dibuka selama 4 hari yakni 16-19 Maret 2017, dan masyarakat kota bisa dengan bebas untuk mengujungi pameran tersebut. Usai melakukan peresmian, walikota beserta rombongan juga meninjau pameran bonsai yang jumlahnya ada sekitar 400 jenis bonsai dipamerkan. (805)

Tags :
Kategori :

Terkait