Air Terjun Telun Penuh Pesona

Kamis 02-03-2017,14:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

PESONA wisata alam di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) memang tak pernah ada habis.  Salah satunya Air Terjun Telun, terletak di Desa Renah Jaya, salah satu Desa di Kecamatan Giri Mulya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lebong. Air Terjun Telun dapat ditempuh dalam waktu dua jam perjalanan dari Kecamatan Kota Arga Makmur.

Untuk tiba dilokasi, pengunjung harus sedikit menguras tenaga dengan berjalan kaki selama 30 menit dari ruas jalan Provinsi Bengkulu. Namun kelelahan itu semuanya akan terbayar setelah menemukan air terjun tunggal yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter ini.

\'\'Namanya disebut warga air Terjun Telun. Di hari libur biasanya cukup banyak di padati penggunjung yang datang. Baik itu dari daerah sekitar, atau luar daerah,\'\' ujar salah satu penjaga parkir objek wisata, Rame.

Air terjun ini berada persis dialiran Sungai Seranggai. Kejernihan airnya dipadukan dengan dikelilingi perkebunan kopi. Sehingga membuat para pengunjung tergoda untuk sejenak \'\'bermain-main\'\' dengan gemericik air dan betah berlama-lama menikmati suasana yang penuh dengan ketenangan.

\'\'Sebenarnya ada dua air terjun disini (Desa Renah Jaya, red). Cuma satu lagi lokasinya agak jauh, mungkin lebih dari satu jam perjalanan dari Air Terjun Telun ini,\'\' ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung dari Kota Bengkulu Eka Ramadhani (26)  menyebutkan jika mengetahui keberadaan Air Terjun Telun dari informasi yang disampaikan temannya. Lantaran penasaran, ia pun mencoba memastikan keindahan itu dengan melihat secara langsung. Dan ia pun merasa puas karena kelelahan mengunjungi lokasi terbayar dengan sajian keindahan pesona alam yang ditampilkan.

\'\'Saya sangat puas dengan keasrian dan suasana kenyaman yang disajikan. Saya harap lokasi air terjun ini dapat menjadi perhatian pemerintah. Sehingga selalu terjaga kelestariannya,\'\' terangnya. Walaupun mengunjungi lokasi ini cukup menguras tenaga. Namun bagi pencinta dan penikmat wisata alam, Air Terjun Telun harus dicoba dan dijadikan sebagai referensi wisata kedepan. Bahkan dijamin pengunjung bakal ketagihan dan ingin berkunjung kembali.

Bagi para pengunjung yang datang, selain menikmati suasana gemercik air, juga dapat mandi di bawah air terjun. Namun hal yang perlu diingat agar selalu menjaga lokasi, salah satunya dengan tidak membuang sampah disembarangan tempat.(816)

Tags :
Kategori :

Terkait