Seleksi Paskibra Dimulai

Kamis 23-02-2017,14:40 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

SAM, Bengkulu Ekpress - Seleksi pasukan pengibar bendera (Paskibra) 2017 di kabupaten Seluma sudah mulai dilaksanakan. Seleksi tersebut dilakukan tim seleksi yang terdiri dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Seluma, Kodim 0425/Seluma serta Polres Seluma. Seleksi calon paskibra ini mulai dilakukan di zona IV meliputi Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) dan kecamatan Semidang Alas(SA), kemarin (22/2).

“Tim seleksi berkoordinasi dengan jajaran SMA di zona IV, guna mencari potensi anak didik yang diikutsertakan sebagai calon Paskibra tingkat Kabupaten Seluma,’’ tegas Penangung Jawab Panitia Seleksi Paskibra Kabupaten Seluma Lettu Kavelri Deddy Iskandar kepada Bengkulu Ekspress kemarin (22/2).

Deddy mengatakan, penjaringan paskibra dari unsur pelajar tersebut setiap tahun dilakukan dengan berbagai kualifikasi yang harus dipenuhi siswa, diantaranya harus memiliki semangat juang, berbakti terhadap nusa dan bangsa, memiliki fisik yang sehat, serta memiliki kemampuan intelegensia.

Deddy menambahkan, panitia seleksi Paskibra terjun langsung memantau ke berbagai sekolah. Rencananya jumlah pasukan yang nantinya diambil 100 pelajar dari tingkat SMA, SMK dan MA untuk kembali mengikuti seleksi ditingkat Kabupaten Seluma.

“Dengan memantau secara langsung, serta adanya potensi yang bagus tidak menutup kemungkinan calon Paskibra dapat mengikuti kejenjang yang lebih tinggi dalam kegiatan yang sama sebagai Paskibraka,‘’ imbuhnya.

Ditegaskan lagi, khusus untuk zona IV seleksinya telah dilaksanakan kemarin. Meski begitu sejumlah pelajar di wilayah zona IV ini masih memiliki peluang mengikuti seleksi kembali. Hanya saja, khusus bagi mereka yang belum mendaftar saja. Mereka bisa mengikuti tahapan seleksi di zona III di Kecamatan Talo, pada 28 Februari mendatang.

Peserta yang mengikuti seleksi itu harus memiliki rekomendasi dari sekolah. Sebagai bentuk dukungan terhadap pelajar itu sendiri.

Pembagian zona wilayah seleksi paskibra tersebut, zona I berada di Kecamatan Sukaraja, Air Periukan dan Lubuk Sandi. Seleksinya  dilaksanakan pada  Selasa (7/3) mendatang dipusatkan di SMA 3 padang pelasan. Zona II meliputi Kecamatan Seluma Barat, Seluma Selatan, Seluma Utara, Seluma Timur dan Seluma dan akan dilaksanakan penyeleksian pada Selasa (14/3) mendatang dan dipusatkan di SMA 1 Lubuk Kebur. Zona III berada di Kecamatan Ulu Talo, Ilir Talo, Talo dan Talo Kecil yang seleksinya pada Selasa (28/2) dan di pusatkan di SMA 2 Pagar Gasing.

Sedangkan Zona IV berada di Kecamatan Semidang Alas dan Semidang Alas Maras. Akan dilaksanakan pada Pada Tanggal (22/2), dipusatkan di SMA 4 Pajar Bulan yang telah berlangsung.

“Hasil seleksi tingkat sekolah dilanjutkan keseleksi tingkat Kabupaten pada 4-5 April mendatang,” singkatnya.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait