Tiang Listrik Roboh, 9 Kecamatan Lumpuh

Sabtu 18-02-2017,13:10 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

SEMIDANG GUMAY, BE - Dua tiang listrik di Jalan Raya Desa Tanjung Harapan Kecamatan Semidang Gumay Kabupaten Kaur, roboh akibat diterjang angin kencang. Akibatnya, kabel listrik putus di daerah tersebut dan membuat aktivitas perkantoran dan masyarakat di beberapa kecamatan lumpuh.

“Kami tidak tahu kenapa listrik di Kaur ini selalu mati hidup, dan mati lampu ini tidak bisa apa-apa dan mau masak nasi saja gak bisa,” keluh Diya (45), warga Desa Padang Genteng kepada BE kemarin (17/2).

Data terhimpun BE, robohnya dua tiang listrik beton di Desa Tanjung Harapan itu lantaran diterjang angin sekitar pukul 00.00 WIB. Juga selain diakibatkan agin kecang ambruknya dua tiang listrik tersebut duduga karena penggalian tanah disekitar tiang listrik akibat proyek pelebaran jalan di Kecamatan Semidang Gumay. Kejadian ini menyebabkan aliran listrik ke sembilan Kecamatan yakni, Kecamatan Kaur Tengah, Kinal, Luas, Tetap, Muara Sahung, Kaur Selatan, Maje dan Nasal terputus mulai pukul 00.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Beruntung pada saat kejadian tidak ada pengendara atau warga yang berada disekitar tiang listrik yang roboh.

“Kami mohon maaf kalau listrik di beberapa kecamatan mati, ini karena tiang listrik roboh, tapi dalam kejadian ini beruntung tidak ada pengendara yang melintas, sehingga tidak ada korban,” kata Kepala PLN Bintuhan Syafarudin kepada BE kemarin (17/2).

Dikatakannya, insiden robohnya dua tiang listrik milik PLN tersebut diduga karena angin kencang dan hujan tapi  juga diduga disebabkan karena pengerukan pelebaran jalan raya yang ada di Kecamatan Semidang Gumay, yang membuat tiang listrik megantung dan mudah roboh.

“Tiang listrik ini roboh mungkin karena tanah tempat tiang listrik itu tidak kuat lagi menahan tiang listrik itu ditambah lagi angin kecang makanya roboh,” ujarnya.

Ditambahkan Syafarudin, ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak menanam pohon di bawah atau dekat jaringan listrik. Juga apabila ada petugas PLN yang akan memelihara jaringan agar merelakan tanam tumbuhnya dipangkas agar pasokan listrik tidak.

“Partisipasi masyarakat dalam merelakan pohonya untuk dipangkas akan membantu mengurangi jumlah listrik padam,” jelasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait