Maret, Program ASB Diluncurkan

Rabu 01-02-2017,12:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

KEPAHIANG, BE - Jika tidak ada aral melintang, bulan Maret mendatang Bagian Pembangunan Setkab Kepahiang akan meluncurkan program Analisis Standar Belanja (ASB) yang akan mendukung program E-Budgeting. Hal itu dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menciptakan transparansi dan pelayanan publik yang baik. Selain itu  mempermudah organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyusun rancangan kegiatan pembelian barang.

Kabag Pembangunan Setdakab Kepahiang, Jono Antoni SSOs MM mengatakan, dengan adanya aplikasi ASB yang masuk ke dalam program E-Budgeting maka akan menjadi acuan SKPD untuk menyusun anggaran  pembelanjaan barang. Karena tahun 2017 ini semua pelayanan akan dilakukan secara online.

\"Untuk sekarang masih dalam rancangan dan mudah-mudahan saja aplikasi ASB bisa kita luncurkan bulan Maret mendatang. Dalam pembuatan kita juga melibatkan tim dari Kabupaten Kepahiang dan tim ahli dari Unib,\" kata Jono usai melaksanakan seminar awal penyusunan ASB yang di Aula Setda, pada Selasa (31/1).

Dijelaskan Jono, dalam penyusunan ASB pihaknya menggunakan tenaga ahli dari Program study magister akutansi fakultas ekonomi dan bisnis Unib serta melibatkan tim dari SKPD Kabupaten Kepahiang. Sebelum diluncurkan nantinya adanya masukan yang diberikan oleh tim dari SKPD Kabupaten Kepahiang dan jika saja sudah dinyatakan lengkap maka otomatis peluncuran ASB akan dilaksanakan.

\"Tadi (kemarin, red) merupakan seminar awal terkait penyusunan ASB, dari seminar itulah tim Kabupaten Kepahiang bisa mengoreksi apakah ada tambahan atau tidak. Yang kita laksanakan baru seminar awal dan untuk kedepannya akan kembali dilaksanakan seminar lanjutan,\" sampai Jono.

Menurutnya, untuk tim ASB  dari Kepahiang, yakni Inspektorat Daerah, Kabag Hukum, Bappeda, BKD, Asisten I, II dan asisten III. Ketika tim ahli dari Unib melaksanakan seminar kedua nantinya, maka tim ASB inilah yang akan memberikan masukan terkait kelengkapan program yang telah dirancang tersebut.

\"Harapan saya setelah dilakukan peluncuran program penyusunan ASB bisa diterima oleh SKPD dalam Kabupaten Kepahiang dan menjadi acuan untuk rancangan pembuatan belanja anggaran,\" demikian Jono. (320)

Tags :
Kategori :

Terkait