Dinkes Provinsi Bengkulu Peringati Hari Gizi Nasional 2017

Senin 30-01-2017,10:10 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

BENGKULU, BE - Dalam rangka memeriahkan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-57 tahun 2017, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan para mitra kerja menggelar berbagai kegiatan. \"Tema kegiatan HGN tahun 2017 ini adalah Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi, Dengan Peningkatan Konsumsi Sayur dan Buah Nusantara Menuju Masyarakat Hidup Sehat,\" ujar Plt Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu, drg Edriwan Mansyur.

Ditambahkannya lagi kegiatan untuk memeriahkan HGN di Provinsi Bengkulu diantaranya, donor darah, Kampanye Ayo Makan Buah dan Sayur, dan senam massal. \'\'Kegiatan ini bentuk penyemangat awal dari pemerintah kepada masyarakat dalam memperbaiki gizi dan meningkatkan mutu gizi di kesehariannya, sehingga kedepannya terciptanya perbaikan pola konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi, peningkatan akses dan mutu pelayanan gizi serta kesehatan masyarakat Bengkulu,\" paparnya.

Berdasarkan Data PSG (Pemantauan Status Gizi) tahun 2016 di Provinsi Bengkulu, gizi kurang 8,7%, Pendek 23%, sangat kurus 1,3%, kurus 7,4%. Gemuk 5,5%. Asi ekslusif 32.2%. Ibu hamil yg mendapatkan PMT 76%. Balita yg mendapatkan PMT 81,7%. Balita yang mendapatkan vitamin A 93,4%, Balita kurus yang mendapatkan PMT 81,7%.

\'\'Ditahun ini kita targetkan penurunan angka presentase tersebut sehingga Provinsi Bengkulu bisa menjadi percontohan nasional, makanya saya berpesan kepada masyarakat untuk membiasakan memakan sayur dan buah juga lakukan aktifitas fisik secara rutin dan rutin deteksi dini penyakit,” pesan Edriwan.

Sementara Plt Sekda Provinsi Bengkulu, Sudoto mengapresiasi perayaan HGN tahun ini. Dinas Kesehatan Provinsi dianggap mampu merangkul berbagai pihak dalam mengkampanyekan peningkatan pengetahuan soal gizi tersebut.

“Masalah gizi memang tak bisa hanya melalui intervensi kesehatan, intervensi sosial budaya juga diperlukan. Membangkitkan masyarakat agar sadar gizi, merupakan tugas kita bersama,” ucap Sekda. (cik5)

Tags :
Kategori :

Terkait