April, Raskin Dibagikan

Sabtu 14-01-2017,12:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress - Diperkirakan sekitar bulan April 2017,  beras miskin (Raskin)  akan disalurkan kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kabupaten Kepahiang.  Namun untuk  penambahan atau pengurangan kuota raskin belum dapat di ketahui. \"Untuk total jumlah jatah raskin Kabupaten kepahiang belum kita ketahui jelas, apakah masih sama dengan tahun  dulu atau tidak. Karena masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Bengkulu,\" ungkap Kabag Kesra Setdakab Kepahiang, Sumardi  SIP melalui Kasi Pendiksos, Oli Sitepu SH, Jumat (13/1).

Menurut Oli, berkaca pada jatah raskin tahun 2016 lalu, daerah tersebut menerima jatah sebanyak 1,570,680 ton yang tersebar dalam 8 Kecamatan Kepahiang dengan 8.726 RTS. Untuk harga berdasarkan SOP sebesar Rp 1.600/kg dan setiap RTS mendapatkan sebanyak 15 Kg.

Pihaknya berharap, supaya jika adanya instruksi penebusan nantinya Kades bisa cepat bertindak. \"Jatah raskin selama setahun diterima 4 kali dengan jangka waktu per triwulan 1 kali menerima. Dengan itupula harapan kita supaya jika sudah adanya instruksi penebusan jangan sampai para Kades terlambat,\" harap Oli.

Dijelaskan Oli, penebusan jatah raskin dilakukan oleh Camat di masing-masing Kecamatan dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh pihaknya. Setelah nominal uang penebusan diketahui, maka Camat meminta Surat Perintah Alokasi (SPA) kepada pihaknya dan langsung di proses oleh Bulog. Selanjutnya jatah Raskin bisa disalurkan.

\"Dalam penyaluran raskin, kita sifatnya hanya memberikan SPA kepada Camat yang melaksanakan pembelian langsung ke Bulog dan jika jatah sudah diterima bisa langsung diberikan kepada masyarakat yang memang berhak untuk menerima berdasarkan data yang telah ditentukan,\" pungkas Oli. (320)

Tags :
Kategori :

Terkait