Bappeda Donor Darah Pertama

Sabtu 14-01-2017,10:20 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, BE - Memasuki tahun 2017 ini, Palang Merah Indonesia Cabang Rejang Lebong mulai menggelar kegiatan donor darah di SKPD yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. SKPD yang pertama kali menggelar donor darah adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rejang Lebong.

\"Ini merupakan donor darah perdana kita bersama SKPD yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,\" ungkap Wakil Ketua PMI Rejang Lebong, Alex Lasta Fortana disela-sela kegiatan donor darah di kantor Bappeda Kabupaten Rejang Lebong, Jumat (13/1).

Lebih lanjut Alex menjelaskan, kegiatan donor darah yang mereka lakukan di SKPD ini merupakan bagian dari upaya jemput bola yang dilakukan PMI Rejang Lebong untuk memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana menurutnya sebelum melaksanakan donor darah PMI Rejang Lebong mengirim surat terlebih dahulu untuk meminta kesediaan SKPD terkait untuk melaksanakan donor darah.

\"Untuk Jumat depan, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) sudah mengkonfirmasi kesiapan mereka untuk melaksakan donor darah selanjutnya,\" jelas Alex.

Menurut Alex, pelaksanaan donor darah ini sendiri tidak mesti dilaksanakan hari jumat, namun juga bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan jadwal yang dimiliki masing-masing SKPD. Karena menurutnya PMI Rejang Lebong siap mendatangi SKPD yang siap melaksanakan donor darah.

Disisi lain, Alex juga mengungkap selain pihaknya melakukan sistem jemput bola dengan mengirim surat ke SKPD-SKPD yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. PMI juga berharap adanya payung hukum seperti peraturan bupati yang mengatur agar PNS yang ada di Kabupaten Rejang Lebong untuk wajib melaksanakan donor darah.

Sedangkan untuk jumlah darah yang berhasil dikumpulkan dari kegiatan donor darah kemarin. Menurut Alex jumlah darah yang berhasil dikumpulkan kemarin sebanyak 24 kantong. Dengan dilaksanakannya kegiatan donor darah di Bappeda Rejang Lebong, ia berharap bisa diikuti oleh SKPD lain yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Rejang Lebong, Ir Zulkarnain MT mengungkapkan kegiatan donor darah kemarin berkat adanya surat permintaan dari PMI Rejang Lebong. Dimana dari surat tersebut Bappeda Kabupaten Rejang Lebong menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan donor darah.

\"Awalnya kita mendapat surat permintaan dari PMI terkait dengan ketersediaan kita untuk donor darah, dan kita dari Bappeda menyatakan kesiapan,\" ungkap Zulkarnian.

Lebih lanjut Zulkarnain menjelaskan, ia juga mengapresiasi niat baik dari karyawan dan karyawati Bappeda Kabupaten Rejang Lebong yang bersedia melaksanakan donor darah. Karena menurut Zulkarnain pada awalnya hanya ada 14 orang yang bersedia mengikuti donor darah, namun pada pelaksanaannya ada 24 orang yang mengikuti.

Zulkarnain berharap kedepannya akan semakin banyak yang donor darah di Kabupaten Rejang Lebong karena akan semakin banyak yang terbantu. Selain itu menurut Zulkarnain selain membantu orang lain juga menyehatkan bagi yang mendonor.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait