Kecamatan Semidang Lagan Segera Terwujud

Jumat 13-01-2017,13:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Pembentukan Kecamatan Semidang Lagan di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) segera terwujud. Setelah mendapatkan persetujuan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Provinsi Bengkulu, saat ini Kecamatan Semidang Lagan hanya tinggal menunggu nomor registrasi sebagai kecamatan baru dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

\"Proses pembentukan kecamatan Semidang Lagan saat ini hanya tinggal menunggu pemerintah pusat. Diperkirakan nomor register kecamatan baru ini akan segera dikeluarkan. Kemungkinan setelah pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) Bupati dan Wakil Bupati,\" jelas Staf Ahli Gubernur Bengkulu Bidang Pemerintahan dan Politik, Drs Hamka Sabri MM usai menggelar pertemuan bersama tokoh masyarakat, Sekda Benteng, Presidium pemekaran di Desa Lagan Bungin, Kecamatan Talang Empat, kemarin (12/1).

Selain itu, Hamka meminta agar proses penetapan tapal batas antara kecamatan baru dan kecamatan lama dilakukan secara transparan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadi permasalahan ataupun konflik antar desa yang berlokasi di perbatasan kecamatan.

\"Seluruh batas wilayah harus diperjelas. Jangan sampai ada masalah setelah nomor register dikeluarkan oleh pemerintah pusat nantinya,\" tambahnya.

Sementara Sekda Benteng, Muzakir Hamidi SSos MM menjelaskan, pembentukan kecamatan baru ini dilakukan untuk mempersingkat rentang kendali masyarakat menuju pusat kecamatan.

\"Selama ini beberapa desa memang berlokasi sangat jauh jika hendak berurusan ke kantor camat. Alasan inilah yang menjadi pendorong terciptanya kecamatan baru. Selain itu, proses pembentukan kecamatan baru ini juga telah melalui proses yang panjang dan tentunya sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku,\" tandas Sekda. Presidium Pemekaran Kecamatan Semidang Lagan, Evi Susanti mengungkapkan hal serupa.

\"Dengan adanya kecamatan baru, kami harap percepatan pembangunan bisa lebih optimal. Baik itu pembangunan infrastrukutu ataupun sarana dan prasarana layanan masyarakat,\" pungkas Evi.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait