HUT Lebong Picu Semangat Membangun

Senin 09-01-2017,13:23 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TUBEI, Bengkulu Ekspress - Tanggal 7 Januari merupakan hari bersejarah bagi Kabupaten Lebong, karena 13 tahun lalu, 7 Januari 2013, Kabupaten Lebong resmi memiliki pemerintahan. Untuk meperingati berdirinya Kabupaten Lebong, Pemda Lebong melaksanakan kegiatan upacara yang dilaksanakan di halaman Rumah Dinas Bupati Lebong.

Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi bertindak sebagai inspektur upacara HUT ke 13 yang dihadiri secara khusus oleh Panglima Daerah Militer (Pangdam) II Sriwijaya Mayjend TNI Sudirman SH MM, Bupati Rejang Lebong Dr (HC) H Ahmad Hizaji SH MSi, presidium pemekaran Kabupaten Lebong, seluruh anggota DPRD Lebong bersama seluruh pejabat dilingkungan Pemda Lebong dan FKPD Lebong.

Dalam amanatnya, Bupati Lebong mengungkapkan bahwa peringatan hari jadi Kabupaten Lebong ini sebagai rujukan dalam memacu semangat membangun daerah yang implikasinya akan sangat besar pengaruhnya terhadap pembangunan nasional. Melalui peringatan ulang tahun Kabupaten Lebong ke 13 ini diharapkan dapat bermanafat bagi kemajuan Kabupaten Lebong. Momentum ini merupakan implementasi kilas balik pengabdian kepada masyarakat sepanjang tahun yang sudah dilewati.

\"Peran dan substansinya bisa kita jadikan sebagai wahana intropeksi dan kaji ulang terhadap makna dan nilai kinerja, dalam rangka mengeban tanggungjawab pada lingkup tugas masing masing sebagi perwujudan dimekrakanya Lebong menjadi kabupaten,\" ungkap Bupati.

Ditambahkan Bupati, hari jadi Kabupaten Lebong ini sendiri merupakan amanat Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lebong nomor 21 tahun 2017, tentang penetapan hari jadi Kabupaten Lebong. Disisi lain, menentukan hari jadi Kabupaten Lebong yang tepat bukanlah pekerjaan mudah. Banyak faktor yang harus diteliti dan banyak wacana yang harus ditelusuri.

\"Alhamdulillah, berkat ketekunan para presidium, akhirnya bisa disimpulkan bahwa Swarang Patang Stumang adalah motto yang diyakini sebagai awal diraihnya kemandirian Kabupaten Lebong, sekaligus merupakan hasil perjuangan rakyat Lebong yang mencintai hidup secara mandiri,\" kata Bupati.

Pelaksanaan upacara peringatan ulang tahun Kabupaten Lebong ke 13 ini sendiri dilaksanakan dalam kondisi hujan, namun peserta upacara yang terdiri dari kalangan pegawai negeri sipil, pelajar, organisasi masyarakat, TNI, Polri dan Satuan Pamong Praja tetap berada dalam barisan. Peserta upacara baru membubarkan diri setelah seluruh rangkaian kegiatan terlaksana.(777)

Tags :
Kategori :

Terkait