getah Karet Merangkak Naik

Jumat 06-01-2017,13:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Tembus Rp 10 ribu/kg

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Kabar gembira bagi petani karet di wilayah Kabupaten Mukomuko. Pasalnya harga jual getah karet bersih di tingkat petani terus merangkak naik hingga Rp 10 ribu/kg atau mengalami kenaikan Rp 750/kg dari sebelumnya dengan harga tertinggi Rp 9.250/kg.

Petani karet Mukomuko, Hermawan mengaku kenaikan harga tersebut dan petani mendapatkan keuntungan. Menurutnya harga mencapai Rp 10 ribu itu cukup lumayan tinggi. Selain dapat digunakan untuk biaya operasional dan pemeliharaan tanaman karet.

Termasuk biaya kehidupan keluarga hingga pendidikan anak-anak dapat terbayarkan.

“Harapan kami harganya terus merangkak naik. Sehingga tingkat pendapatan petani semakin meningkat,” harapnya.

Kepala Bidang Perkebunan, Wahyu Hidayat melalui Kasi Budi Daya Perkebunan, Sudianto mengatakan harga sebesar Rp 10 ribu/kg getah bersih. Sedangkan getah karet kotor naik dari Rp 7 ribu menjadi Rp 8 ribu/kg. Harga komoditi itu terus merangkak naik yang diperoleh informasi langsung dari petani.

\"Kenaikan terus terjadi sejak pertengahan Desember 2016 lalu hingga hari ini (kemarin),\" katanya. Ia menyarankan supaya petani menyadap sendiri getah karetnya agar keuntungan yang diperoleh lebih besar dibandingkan membayar upah tenaga buruh.

Dan dengan harapan harga tersebut minimal bertahan. Karena akan berdampak positif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya petani. “Kita sarankan petani menyadap sendiri getah karetnya. Sehingga keuntungan yang di dapat akan lebih besar,” sarannya. (900)

Tags :
Kategori :

Terkait