2017, Seluma Buka Penerimaan CPNS

Selasa 03-01-2017,12:40 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TAIS, BE - Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH mengatakan, jika tidak ada perubahan pada 2017 ini  Pemkab Seluma membuka penerimaan CPNS. Dibukanya tes CPNS di Seluma ini, setelah Bupati Seluma  mendatangi sendiri Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN RB) beberapa waktu lalu. Dia berkoordinasi atas kekurangan PNS yang terjadi di Seluma.

“Saya sendiri yang datang ke kementerian dan mengusulkan untuk penerimaan CPNS tahun depan. Jika tidak ada perubahan, Kabupaten Seluma menyelenggarakan seleksi penerimaan CPNS,” tegas bupati.

Bupati mengatakan, Pemkab Seluma sendiri sudah mengusulkan kebutuhan PNS sebanyak 590 orang. Meski belum ada konfirmasi terakhir berapa kuota yang disetujui, namun Bupati yakin kalau pemerintah pusat akan menyetujui usulan penerimaan CPNS dilingkungan Pemkab Seluma tersebut. Sebab setiap tahunnya sebanyak 30 sampai 40 orang PNS Seluma pensiun. Sedangkan sejak tahun 2014, Pemkab Seluma belum melakukan penerimaan CPNS baru. Dampaknya Seluma pun kekurangan tenaga PNS. Untuk tenaga yang kurang dari kalangan guru serta tenaga kesehatan. Terutama untuk tenaga kesehatan jumlahnya masih minim di Kabupaten Seluma.

“Seluma  paling banyak kekurangan tenaga guru dan tenaga kesehatan. Untuk wilayah pedalaman masih banyak sekolah dan puskesmas yang kurang PNS-nya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Seluma menjanjikan penerimaan CPNS di Kabupaten Seluma akan berlangsung  bersih. Dirinya siap menjamin pelaksanaannya bebas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Untuk itu, dirinya mengingatkan kepada seluruh pelamar jangan mudah percaya dengan oknum atau calo yang menjanjikan bisa meluluskan. Seluruh peserta nantinya harus tetap percaya diri dan berusaha serta yakin dengan kemampuan mereka masing-masing.

“Sebenarnya justru pelamar itu sendiri yang menggunakan calo dan sejenisnya. Seharusnya seluruh pelamar jangan ada yang percaya calo. Percayalan dengan kemampuan sendiri, mengikuti tes sesuai dengan kemampuan dan tahapannya semua diikuti,” tegasnya lagi.

Lebih lanjut, bupati mengatakan, pada seleksi PNS guru 2013, peserta yang lulus mayoritas anak petani, serta masyarakat yang kurang mampu. Ini merupakan bukti kalau seleksi dan penerimaan PNS berjalan murni. Bahkan banyak peserta yang lulus dari luar daerah serta tidak mempunyai kerabat maupun keluarga di Kabupaten Seluma. Dalam waktu dekat ini Bupati kembali mendatangi Kemen PAN dan RB bersama dengan BKD Seluma untuk memastikan berapa kuota yang akan diterima Kabupaten Seluma. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait