CSR Semen Padang Capai Rp 100 Juta Pertahun

Rabu 28-12-2016,09:30 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

Hari Ini, Peletakan Batu Pertama Pabrik Pengepakan

BENGKULU, BE - Sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap sosial atau lingkungan, PT Semen Padang akan memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat di wilayah Pulau Baai Kota Bengkulu sebesar Rp 100 juta pertahunnya.

Kepala Dapertemen Komunikasi dan sarana umum PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis mengatakan, CSR ini diberikan dalam bentuk pembinaan dan perberdayaan ekonomi masyarakat.\"CSR kita patok Rp 100 juta pertahunnya dan arahnya ke pemberdayaan,\" terang Iskandar kepada BE, kemarin (27/12).

Dijelaskannya, sebelum meralisasikan program CSR PT Semen Padang akan melakukan pemetaan terhadap kondisi lingkungan. Dengan begitu nanti akan diketahui potensi apa yang tepat dalam program pemberdayaan tersebut.

\"Proses pemetaan sedang kita lakukan. Kita tidak ingin, kalau kita berikan peternakan kambing ternyata rumputnya tidak ada disitu. Jadi sekarang lihat apa yang paling banyak dibutuhkan masyarakat, sebab tahun depat program ini sudah bisa kita realisasikan,\" ungkapnya.

Dalam penerapan program CSR, PT Semen Padang akan tetap berpanduan kepada empat pilar yakni Semen Padang Campin Nagari, Semen Padang Pandai Nagari, Semen Padang Peduli Nagari dan Semen Padang Elok Nagari. Dengan demikian, tujuan PT Semen Padang membangun negeri dapat tercapai.

\"Empat pilar ini yang terus kita kedepankan,\" tambah Iskandar.

Sementara itu, rencana pembangunan pabrik PT Semen Padang di Bengkulu resmi akan digelar pagi ini (28/12) di lahan PT Pelindo II Pulau Baai. Dimana pembangunan pengepakan semen asli produk Indonesia ini akan dilakukan diatas lahan seluas 1,5 hektar, serta dihadiri oleh Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE dan Direktur Utama PT Semen Padang Benny Wendry.

\"Besok peletakan baru pertama akan digelar dan diresmikan langsung oleh walikota Bengkulu,\" terang Kepala Biro Humas PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati.

Dengan peletakan batu pertama, maka proses pembangunan pabrik pengepakan semen akan langsung dilakukan. Ditargetkan pada awal tahun 2018, pabrik pengantongan semen dengan kapasitas 300 ton pertahun resmi beroperasi. \"Pengerjaannya membutuhkan waktu sekitar 1 tahun. Ketika telah beroprasi maka langkah ini akan mampu memperlancar suplai semen di Bengkulu,\" bebernya.

Fasilitas pengepakan atau pengantongan semen ini meliputi dermaga, unloading facility, loading truck, steel silo kapasitas 2x3000 ton, packer, bulk loading, pengisian kantong big bag dan fasilitas penunjang lainnya. Sementara tenaga kerja yang akan dibutuhkan sekitar 30 orang, dari semua bidang.

\"Kalau untuk tenga kerja yang kita butuhkan nanti pada saat oprasi, sekitar 30 orang. Dimana dari 30 orang itu, sekitar 20 orang lebih berasal dari Bengkulu,\" tambah Nur.

Dengan demikian, diharapkan terbangunnya pengantongan semen akan mampu memcukupi kebutuhan Bengkulu atas rencana pengembangan pembangunan yang telah diprogram besarkan oleh Gubernur Bengkulu. Sehingga Bengkulu tidak lagi sulit untuk mendapatkan semen di luar Provinsi Bengkulu.

\"Hadirnya PT Semen Padang di Bengkulu semoga memberikan manfaat untuk masyarakat Bengkulu. Terlebih dalam mencintai dan memilih produk dalam negeri dibanding dari luar negeri,\" pungkasnya. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait