Rekayasa Lalin Jelang Tahun Baru, Antisipasi Kemacetan, Berlakukan Satu Arah

Selasa 27-12-2016,09:40 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

BENGKULU, BE- Kepolisan Resta (Polres) Bengkulu mengantisipasi kemacetan parah akibat penumpukan kendaraan di sepanjang Jalan Pantai Panjang saat malam tahun baru. Titik kemacetan biasanya terjadi di kawasan Pantai Panjang, Pantai Berkas, Tapak Paderi, Pantai Jakat dan sekitaran Sungai Hitam. Pihaknya akan memberlakukan satu arah arus lalu lintas.

Semua kendaraan yang melintas di ruas Jalan Pantai Panjang diarahkan menuju Sungai Hitam. Selain itu, beberapa titik persimpangan yang ada disepanjang jalan pantai panjang akan ditutup. \"Kita sudah memprediksi, pantai panjang dan sekitarnya menjadi pusat masyarakat untuk menikmati pergantian tahun. Untuk itu kami memberlakukan arus lalu lintas satu arah,\" jelas Kapolres Bengkulu, AKBP Ardian Indra Nurinta SIK, kemarin (26/12).

Selain mengurai kemacetan, polisi juga melakukan pengawasan situasi keamanan selama perayaan pergantian tahun melalui Pospan dan Posyan. Ada empat titik Pospan seperti di depan Pasir Putih, depan Hotel Bidadari, depan Hotel Raffles dan simpang Dekranasda.

Sementara satu Posyan berada di depan Sport Center. Jumlah personel yang akan diturunkan akan disesuaikan dengan kondisi saat pergantian tahun. Namun Polres memastikan setiap titik Pospan, Posyan dan persimpangan akan diisi personel polisi. \"Jumlah personel akan disesuaikan, nantinya akan ada empat Pospan dan satu Posyan,\" imbuh Kapolres.

Pengalihan arus lalu lintas sendiri sudah dirancang sedemikian rupa, dikoordinasikan dengan seluruh polsek jajaran. Selain pengalihan arus lalu lintas satu arah ini berkaca pada pelaksanaan pengamanan tahun baru 2016 lalu.

Beberapa aspek yang belum maksimal akan diperbaiki pada pelaksanaan tahun baru 2017 ini. \"Jalur sudah dirancang dan diperbaiki berdasarkan pelaksanaan tahun baru 2016 lalu. Beberapa yang kurang maksimal akan diperbaiki,\" tegas Kapolres.

Kemudian Kapolres mengimbau agar semua masyarakat yang mengunjungi pantai panjang tetap waspada selama menikmati moment pergantian tahun. Terutama saat memarkirkan kendaraan, jika sepeda motor letakkan dilokasi yang mudah dijangkau, kunci setang bila perlu lengkapi dengan kunci ganda. Kemudian jangan membawa barang yang mencolok sehingga menumbulkan niat pelaku kriminal melakukan kejahatan.

Kapolres memprediksi, selain warga Bengkulu, warga dari luar Kota Bengkulu akan merayakan tahun baru di Pantai Panjang dan sekitarnya. Tidak heran jika diperlakukan kewaspadaan, kemudian diperlukan rekayasa arus lalu lintas untuk kelancaran, pengguna jalan juga akan tertib.(167)

Tags :
Kategori :

Terkait