Deteksi Dini Pengaruh ISIS

Senin 26-12-2016,09:10 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

Dua Warga Alumni Suriah Tak Terlibat

BENGKULU, BE - Dandrem 041/Gamas Bengkulu Kolonel Inf Andi Muhammad, menjamin dua orang warga Bengkulu yang diinformasikan baru pulang dari Suriah beberapa waktu yang lalu bebas dari pengaruh kelompok radikal Islamic State In Iraq and Syria (ISIS) atau kelompok radikal lainnya yang dapat membahayakan warga Bengkulu.

Sebelumnya, dikabarkan sekitar 500 orang alumni dari Suriah yang telah pulang ke Indonesia dan dua diantaranya adalah masyarakat Bengkulu. Sehingga dengan adanya warga yang baru pulang dari Suriah, pihak TNI Bengkulu langsung melakukan pengawasan dan pemantauan karena kewaspadaan harus tetap ada baik dari pihak kemanan maupun masyarakat Bengkulu, agar jaringan radikal seperti ISIS tidak berkembang di Indonesia khsusunya Bengkulu.

Dengan telah dilakukannya pemantauan dan pengawasan, bisa dipastikan dua orang warga yang dimaksud tidak termasuk dalam jaringan radikal ISIS yang mana diketahui Suriah merupakan negara yang memeliki jaringan ISIS yang besar. \"Sudah kita Pantau dan kita jamin keduanya aman,\" jelasnya Dandrem, kemarin (24/12).

Dandrem menambahkan, dalam pengamanan negara dari jaringan radikal ISIS atau terorisme, sesuai dengan petunjuk dari Panglima TNI, Kapolri. Sangat jelas, menghimbau untuk semua anak bangsa untuk selalu waspada atas berkembangnya terorisme. \"Kita semua harus waspada, seluruh anak bangsa. Bukan hanya aparat saja,\" ujarnya.

Untuk melakukan tindakan waspada atas terorisme. Makanya dilakukanlah kegiatan berkumpulnya tiga pilar masyarkat antara pihak TNI, Polri dan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Bengkulu yang terdiri dari Bhabinsa, Bhabinkantipmas dan Kepala Desa Seprovinsi Bengkulu, beberapa hari yang lalu. \"Itu dalam rangka deteksi dini dan temu cepat lapor cepat,\" ucapnya.

Dengan dilakukannya Tri pilar desa, diharapkan nantinya bisa saling berkoordinasi dengan cepat, dalam memantau bersama-sama apabila adanya hal-hal yang kemungkinan besar dapat mengancam. \"Jadi masyarakat mulai dari RW, RT agar selalu waspada, artinya kalau ada hal-hal yang mencurigakan untuk segera melapor,\" ajaknya.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait