BPMPD: Satu Desa Rp 1 Miliar

Sabtu 24-12-2016,14:10 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

PLOT anggaran yang  akan di kucurkan pemerintah kepada 148 desa yang tersebar di 15 Kecamatan di Kabupaten Mukomuko bakal bertambah. Bahkan total kucuran sekitar Rp 1 miliar lebih per desanya.

Plt Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Sahroni melalui Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Juni Erwani dikonfirmasi Bengkulu Ekspress mengatakan, Dana Desa (DD) tahun 2017 mencapai Rp 115 miliar lebih.

Ini meningkat jika dibandingkan tahun 2016 ini yang hanya sebesar Rp 90,5 miliar.  Artinya tahun ini desa mendapatkan dana sebesar Rp 500 juta lebih/desa.  Tahun depan bertambah bisa mencapai Rp 1 miliar. Ini jika jumlah tersebut  sudah termasuk Alokasi Anggaran Desa (ADD) dari APBD Rp 54 miliar. Karena anggaran tersebut juga mengalami kenaikan, jika dibandingkan ADD Tahun 2016 ini sebesar Rp 21 miliar. Kucuran DD itu bervariasi dan di sesuaikan dengan keadaan geografis, jumlah penduduk di suatu desa dan lainnya. Untuk pencairan  DD dan ADD 2017 akan lebih cepat dibandingkan tahun ini. Untuk pencairan tahap pertama diperkirakan sekitar bulan Maret – April, dan tahap kedua sekitar bulan Agustus.

“Kami jadwalkan dan siap mendorong desa – desa agar anggaran tersebut penyerapannya bagus dan cepat. Ini tidak lain untuk kepentingan peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di ratusan desa yang tersebar di daerah ini,” ungkap Juni. (900)

Tags :
Kategori :

Terkait