Media Sarana Informasi Pembangunan Daerah

Kamis 15-12-2016,09:50 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 

DALAM rangka mempererat kerjasama, pimpinan media tergabung dalam Rakyat Bengkulu (RB) Media Grup, antara lain Deputi GM RB Pihan Pino, GM Bengkulu Ekspress(BE) Suherdi Marabillie, GM Radar Seluma Jeffri Ginting dan Deputi Manager Radar Selatan Syahri Senadi dan Wakil Pimpinan Prusahaan Sopian Hardi bersilaturhami langsung dengan Bupati Kabupaten Seluma H bundra Jaya SH MH, Rabu (14/12).

Kedatangan unsur Pimpinan RB Media Grup ini sekaligus memberikan surprise hari ulang tahun Bupati Seluma yang ke 58 tahun dengan membawakan kue yang bertuliskan selamat ulang tahun. Dalam pertemuan itu, canda dan tawa mewarnai silaturahmi. Orang nomor satu di Seluma itu, sangat menyambut baik kedatangan GM RB Media Grup Provinsi Bengkulu khususnya di wilayah Semaku ini. Bahkan mengharapkan dukungan berupa kesehatan dalam memimpin seluma kedepannya.

Sekali-sekali juga Bupati Seluma menceritakan, bagaimana kehidupannya sebelum menjadi Bupati serta mendapatkan kejutan di hari ulang tahunnya ke 58 tahun. Bahkan Bupati menegaskan jika dalam setiap ulang tahunnya sangat tidak pernah dirayakan, melainkan mendapat kejutan. Hanya saja, saat bertugas di kejati

Bengkulu saja yang mendapatkan kejutan. Termasuk dari GM RB Media grup ini. “Saya sangat terkesan dengan kejutan ini dan hubungan tetap terjalin dengan baik. Hubungan kerjasama yang baik haruslah tetap terjalin dengan baik,”tegasnya.

Sekalipun demikian, Bupati Seluma mengharapkan dukungan kesehatan dalam memimpin seluma kedepannya. Terpenting Seluma bisa membangun dan mengejar ketertinggalan dari kabupaten kota lainnya. Serta, saling menopang dan mendukung setiap program yang ada.

Menurut mantan jaksa ini pembangunan merupakan upaya untuk menciptakan perubahan-perubahan kearah yang lebih baik sehingga program-program pembangunan yang dicanangkan senantiasa bersifat ide-ide pembaruan (inovasi).

Keinginan kebutuhan masyarakat mendorong untuk dilakukannya sebuah pembangunan dan dibutuhkan sumber daya yang bisa mendukung keberhasilan pembangunan tersebut. “Fungsi dari media masa adalah sarana informasi dari sebuah pembangunan yang telah berlangsung di satu daerah. Dan ini diharaapkan bisa diterapkan oleh seluruh media yang ada,” sampai Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH kemarin.

Selain media informasi, fungsi media juga sebagai sebagai jembatan dalam mewujudkan pembangunan karena perannya informasi sehingga bisa tersalur ke masyarakat/orang dengan baik sehingga dapat memotivasi, menggerakkan dan merubah masyarakat ke pencapaian pembangunan tersebut. Pembangunan dapat dikatakan berhasil jika memanfaatkan dengan baik seluruh aspek yang mendukung proses pembangunan.

Salah satunya adalah memanfaatkan peran media massa dalam proses pencapaian pembangunan. Terkhusus di kabupaten Seluma peran media masih dirasakan perlu untuk ditingkatkan. “Peran media juga sebagai pembangunan dengan menggali potensi dari kabupaten Seluma sendiri dan ikut menyupot dari pembangunan,” bebernya.

Media massa memungkinkan orang mengadakan komunikasi dengan khalayak luas. Isi media massa sendiri bukan hanya sekedar untuk khalayak luas, melainkan untuk generasi yang akan datang. Media massa juga sebagai alat kontrol sosial dimana memberikan informasi atau isu kepada khalayak atau masyarakat sekaligus mengendalikan suatu sistem sosial dalam masyarakat.

“Diharapkan media bisa menjadi kontrol sosial dalam sebuah pembangunan,” sampainya.

Sementara itu, Sebelumnya GM RB Media Grup ini juga bersilaturhami ke Ketua DPRD Seluma, Husni Thambrin SH MH tak jauh berbeda dengan Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH. Kabupaten Seluma harus bisa membangun dengan anggran yang dimiliki. Sehingga seluruh SKPD diharuskan bisa menggalang anggaran dari pusat. Mengingat jika mengandalkan anggran Seluma maka hal tersebut tidaklah bisa terlaksana dengan baik.

“Seluruhnya harus ikut serta membangun seluma termasuk media sekalipun.”ujarnya.

Husni Thambrin menegaskan pembangunan perwajahan seluma merupakan hal yang harus utama dilakukan. Tanpa mengeyambingkan faslitas fisik di kabupaten Seluma. Sehingga dalam pembahasan anggran DPRD Seluma akan mengedepankan pembangunan fisik dimana akan memangkas anggran yang di nilai belumlah penting dan menghabiskan anggran. Dimana kegiatan rutin yang dilakukan SKPD tetap harus bisa berjalan tanpa honor kegiatan. Mengingat di tahun ini akan ada pemberian tambahan perbaikan penghasilan (TPP).

“Yang menjadi tugas rutin dan keharusan SKPD tetap harus dilaksanakan tanpa melalui anggran yang besar mengingat seluma akan membangun dan mengejar ketertinggalan ini,”ujarnya singkat.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait