Wujudkan Bengkulu Pusat Iklim Dunia Tanam 4,3 Juta Pohon

Sabtu 10-12-2016,12:50 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Penanaman pohon di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu gencar dilakukan. Setidaknya tahun 2016 ini sudah ada sekitar 4,3 juta pohon telah ditanam.

Wakil Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA mengatakan, penanaman pohon secara besar-besaran ini dilakukan untuk mewujudkan Bengkulu sebagai pusat iklan dunia.

\"Bengkulu harus hijau dan mampu menciptakan kenyamanan iklim dunia,\" ungkap Rohidin kepada Bengkulu Ekspress usai menanam pohon dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesai (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional tahun 2016, di  Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bengkulu, kemarin (9/12).

Menurut Wagub, kesadaran menanam pohon harus dipupuk secara terus menerus. Baik menanam pohon di lahan kosong, tandus, bantaran sungai, pekarangan rumah hingga wilayah lainnya. Sehingga lahan yang kosong menjadi tempat tumbuhnya pohon sebagai sumber oksigen untuk pernapasan manusia.

\"Kesadaran ini harus kita lestarikan. Karena tanpa kita menyayangi lingkungan, maka lingkungan itu akan menjadi rusak,\" tambahnya.

Tak hanya itu, penanaman 4,3 juta pohon ini melibatkan semua kalangan. Baik TNI, Polri, instansi pemerintah, swasta, pelajar hingga kalangan lainnya. Disamping itu, jutaan pohon ini juga diberikan kepada masyarakat secara gratis untuk ditanam.

\"Semua pohon  ini gratis dari pemerintah. Silahkan yang ingin meminta bibit pohon untuk datang ke instansi terkait. Sehingga semua pohon yang ada dapat tertanam semua,\" beber Rohidin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Bengkulu, Ir Risman Sipayung mengatakan, tahun 2016 ini kuota bibit pohon sekitar 200 ribu pohon yang bersumber dari APBD Provinsi Bengkulu. Sementara jutaan pohon seperti pohon mahoni, sengon hingga pohon hutan lainnya berasal dari Kementerian Kehutanan (Kemenhut) RI.

\"Tahun depan, kita rencanakan 300 ribu pohon sediakan. Kalau dari kementerian jumlahnya jutaan tetap kita usulkan,\" ujar Risman.

Risman menjelaskan, animo masyarakat Bengkulu sangat tinggi untuk melakukan penanaman pohon. Untuk itu, ia  meminta masyarakat untuk terus mengusulkan bibit pohon. Sehingga penanaman pohon dapat lebih banyak lagi dari tahun sebelumnya.

\"Silahkan diusulkan. Semua pohon kita gratiskan, berapapun permintaannya akan kita coba akomodir nantinya,\" tandasnya.

Selain dihadiri Wagub, peringatan Hari Menanam Pohon Indonesai (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional tahun 2016, di  Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bengkulu ini oleh Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu Ir Abu Bakar, Danrem 041/Gamas Bengkulu Kolonel Inf Andi Muhammad diwakili oleh Kasintel  Letkol Inf Imam Priharso SH, perwakilan Polda Bengkulu dan para tamu penting lainnya. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait