Mess PT SBA Ludes Terbakar

Sabtu 03-12-2016,11:50 WIB

MAJE, BE - Diduga akibat hubungan arus pendek listrik, sebuah bangunan mess karyawan milik PT. Selemoro Banyu Arto (SBA) di Desa Wayhawang Kecamatan Maje Kabupaten Kaur, ludes dilalap sijago merah, Kamis (1/12) malam. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa terbakarnya mess tersebut. Namun 1 unit mesin air, 3 unit TV, 3 unit AC, 1 unit kulkas, 1 unit kompor gas dan 3 unit springbed ludes terbakar.

“Waktu kejadian itu mess ini sedang kosong mas, dan waktu itu saya sedang pergi keluar, dan tiba-tiba saya dapat kabar mess sudah terbakar,” kata Eman (35), salah satu karyawan PT SBA yang menunggu mess saat ditemui BE di lokasi kebakaran, kemarin (2/12).

Data terhimpun BE, peristiwa kebakaran itu terjadi pukul 22.00 WIB. Kejadian itu ketika bangunan mess yang terletak di sekitar pantai Wayhawang dan terbuat dari kayu itu ditinggal oleh karyawannya Eman sekitar pukul 19.30 WIB pergi. Namun saat ia pergi, tiba-tiba warga setempat melihat ada asap di atas bangunan mess PT SBA itu semakin banyak. Lalu warga langsung memberi tahu karyawan mess itu, dan setelah itu ia menghubungi petugas pemadam kebakaran (Damkar) dan polisi. Sembari menunggu kedatangan mobil pemadam, warga berusaha memadamkan api, dengan menggunakan alat seadanya. Hanya saja, usaha mereka tidak terlalu efektif dan api kian membesar meratakan bangunan tersebut.

Beberapa menit kemudian api telah padam, datang bantuan dua unit mobil pemadam kebakaran. Sekitar pukul 22.30 WIB, api berhasil dikuasai petugas Damkar. Setelah api padam, petugas melakukan proses pendinginan di dalam mess dan dipastikan api telah padam. Akibat peristiawa ini PT SBA mengalami kerugian hingga Rp 100 juta.

“Waktu kebakaran itu mobil kebakaran telat, dan yang madamkan api itu saya sama warga dan polisi inilah. Api itu cepat besar karena bangunan ini semuanya terbuat dari kayu mas,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Kaur AKBP Bambang Purwanto SIK melalui Kapolsek Maje Ipda Maulana STK saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa ini, namun tidak ada korban jiwa. Dan kerugian ditaksir sekitar Rp 100 juta. Dari hasil pemeriksaan sementara mess PT SBA itu terbakar karena hubungan arus pendek listrik.

“Kita sudah minta keterangan saksi dan korban. Saat ini kami masih menyelidiki penyebab kebakaran, tapi dugaan sementara api itu berasal dari arus pendek listrik,” jelasnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait