Pejabat Nonjob Boleh Ikut Lelang

Senin 07-11-2016,09:00 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 

BENGKULU, BE- Kabar gembira bagi semua pejabat eselon II maupun III yang berstatus fungsional atau non jabatan (Nonjob). Pasalnya, dalam lelang jabatan eselon II, di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, yang akan digelar pada Bulan November ini, semua pejabat tersebut bisa ikut dalam lelang jabatan.

\"Pejabat non-job, bisa ikut dalam lelang jabatan eselon II nanti, \" terang Pelaksana tugas (Plt) Sekdaprov Bengkulu, Drs Sudoto MPd kepada BE, kemarin (6/11)

Dijelaskannya, untuk pejabat eselon II telah di non-jobkan, saat mutasi besar-besaran oleh Gubernur Bengkulu Dr Ridwan Mukti MH beberapa bulan lalu. Bisa ikut, ketika kemampuan dan kompetensi pejabat tersebut mampu untuk mengisi di 34 SKPD baru nanti. Serta tidak pernah dijatuhi hukuman berat maupun ringan, semasa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). \"Kalau pejabat tersebut yakin dengan kompetensinya, untuk mengikut lelang jabatan, kenapa tidak ikut,\" ujarnya.

Saat ini, untuk pejabat eselon II yang telah di-nonjob-kan ada 13 orang pejabat. Dari 34 SKPD baru, ada 19 kepala dinas yang dijabat oleh Pelaksana tugas (Plt). Sementara, 11 SKPD baru akan diisi tanpa proses lelang. Yakni Dinas Kebudayaan yang merupakan pemecahan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dinas Perindustrian, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Dinas Kearsipan, Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Serta Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (KB), Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perhubungan, Dinas Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dan Dinas Statistik. Sedangkan 12 kepala dinas dari 46 SKD lama, sudah diisi oleh pejabat eselon II. Baik pejabat lama, maupun pejabat eselon II yang dirolling jabatan.

\"Jadi semua jabatan kepala dinas yang di Plt-kan itu lah yang akan dilelang,\" jelas Sudoto.

Begitupun dengan pejabat eselon III, Sudoto mengatakan, selagi pejabat tersebut pernah menduduki jabatan eselon III minimal 2 kali, masing-maing lebih dua tahun, juga bisa ikut daftar lelalang jabatan eselon II. \"Sanksi hukuman tentu menjadi catatan. Kalau pernah mendapatkan sanksi, tidak bisa ikut,\" bebernya.

Lelang jabatan eselon II nanti akan mengisi 34 SKPD baru, yang baru saja disahkan oleh DPRD Provinsi, sebagai organisasi perangkat daerah yang baru. Tak hanya pejabat eselon II dan III di lingkungan pemprov, pejabat dari kabupaten maupun kota, juga bisa ikut mendaftar. \"Pembukaan pendaftan nanti dilakukan secara terbuka. Baik dari luar Provinsi Bengkulu, juga bisa ikut mendaftar,\" tambahnya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan sendiri, Pemprov saat ini masih menunggu hasil rekomendasi dari Kementrian Aparatur Sipil Negara (KASN). Ketika hasil rekomendasi pelaksanaan telah dikeluarkan, maka pengumuman lelang jabatan eselon II akan segera dilakukan. \"Tunggu surat rekomendasi dari KASN. Kalau sudah ada, tim panitia seleksi (pansel) akan membuka lelang jabatan eselon II ini,\" tutup Sudoto. (151)

PEJABATAN ESELON II Nonjob Drs Maizuardi Kepala Dispora Provinsi Ali Paman SH Kakan Satpol PP Provinsi dr H Supardi MM Dirut RSM YUnus Bengkulu Ir Sorjum Ahyan MT Kepala Bappeda Provinsi Drs H Kurnadi Sahab MSi Disnakertrans Provinsi Khalik Agustin MSi Kepala BPMPD Provinsi Hendar Purnama SE Sekwan DPRD Provinsi H Andi Rosliansyah ST Kadis PU Provinsi Drs Septi Milian Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Provinsi H Eris Tuffani AS SE Kepala Badan Diklat Provinsi Darpinuddin Kepala Biro Umum Sekdaprov Tarmizi BSc Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik Provinsi Drs Septi Milian Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Provinsi NAMA SKDP YANG DIJABAT PLT 1 Dinas Perkebunan 2 Dinas Kelautan dan Perikanan 3 Dinas Pemuda dan Olahraga 4 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata 5 Kepala Badan Kesbangpol 6 Kepala Inspektorat. 7 Kepala Bappeda 8 Kepala Biro Umum 9 Biro Hukum 10 Biro Keuangan 11 Biro Kesra 12 Sekretaris Bakorlu dan 13 Kepala BKD 14 Kepala BPMD dan 15 Kepala Dispenda 16 Kepala Dinas PU 17 Kepala Dishubkominfo 18 Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan berikut 19 Kepala Satpol PP
Tags :
Kategori :

Terkait