RPJMD Wujudkan Kaur Mandiri dan Sejahtera

Rabu 26-10-2016,15:40 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Wakil Bupati Kaur, Hj Yulis Suti Sutri telah menyampaikan nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021.  Kebijakan pembangunan daerah dirumuskan untuk mewujudkan visi dan misi bupati dan wakil bupati terpilih, Gusril Fauzi dan Hj Yulis Suti Sutri, yakni agar terwujudnya Kaur mandiri dan sejahtera.

“Pengukuran keberhasilan RPJMD dalam pencapaian visi dan misi kepala daerah periode 2016-2021 tercermin dari capaian indikator kinerja utama yang telah dituangkan di RPJMD ini,” kata Wabup Hj Yulis Suti Sutri saat menyampaikan nota pengantar RPJMD 2016-2021 pada rapat paripurna DPRD Kaur, kemarin (25/10).

Dikatakan Wabup, Kabupaten Kaur dengan jumlah penduduk sebanyak 123,964 juta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,05 persen.  Dengan indeks pembangunan manusia merupakan kinerja pembangunan secara keseluruhan, berdasarkan tiga indikator yakni pendidikan, kesehatan dan daya beli.  Dimana pada tahun 2015 lalu Kaur mencapai 64,47 poin dengan capaian indikator angka harapan hidup mencapai 64,76, angka melek huruf mencapai 12,85 poin.

“Secara makro kinerja perekonomian Kaur dilihat dari laju pertumbuhan ekonomi sebesar 4,96 persen,” sampainya.

Dikatakannya, pembangunan lima tahun ke depan tertuang dalam RPJMD 2016-2021, mewudukan Kaur yang mandiri dan sejahtera. Sebab dalam pencapaian visi yang dimaksud, telah ditetapkan lima misi pembangunan daerah yang tidak terpisahkan sebagai sistem, yang meliputi.

Mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik bertanggung jawab, meningkatkan pembangunan infrastruktur wilayah yang berkulalitas pada wilayah-wilayah pedesaan secara seimbang selaras dan serasi, mewujudkan masyarakat yang berakhalak mulia, berbudaya agamis dan beradab, mewujudkan masyarakat sehat, cerdas unggul dan berdaya saing dan mengembangkan perekonomian daerah.

“Seluruh upaya yang direncanakan untuk pembangunan lima tahun kedepan ini dapat meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Kaur,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kaur, Jailani SIp usai memimpin rapat paripurna penyampaian nota pengantar Raperda RPJMD tersebut menjelaskan, DPRD akan membahas dan mengupas Rancangan RPJMD yang diajukan secara mendetail. Meskipun dalam alokasi waktu yang tergolong singkat, ia optimis pembahasan akan tetap berjalan maksimal.  “Pembahasan RPJMD dan akan bekerja secara maksimal sesuai alokasi waktu yang telah ditentukan, untuk menetapkan RPJMD,” tuturnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait