Dinkes Rejang Lebong Tekan Penularan DBD

Sabtu 22-10-2016,10:50 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, BE - Untuk menekan kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Rejang Lebong khususnya saat musim pancaroba seperti saat ini. Jumat (21/10) kemarin Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong menggelar kegiatan gebrak DBD di Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Asli Samin SKep MKes, dipilihnya Kelurahan Talang Benih sebagai lokasi gebrak DBD karena pada tahun 2015 lalu, Kelurahan Talang Benih menjadi penyumbang terbanyak penderita DBD di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Kelurahan Talang Benih kita pilih, karena pada tahun 2015 lalu sebagai penyumbang terbanyak kasus DBD di Rejang Lebong ini,\" jelas Asli Samin.

Oleh karena itu, menurut Asli Samin dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan bisa memutus mata rantai penularan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti tersebut. Lebih lanjut Asli menungkapkan dengan adanya gebrak DBD seperti ini diharapkan masyarakat benar-benar sadar, untuk menjaga kebersihan lingkungan, karena DBD ini kan awalnya dari lingkungan kotor dan genangan air.

\"untuk mengeringkan air kan kita tidak mungkin untuk itu kita bagikan bibit ikan cupang agar jentik nyamuk dapat dicegah penyebarannya,\" terang Asli Samin.

Senada dengan yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Wakil Bupati Rejang Lebong juga mengungkapkan bahwa dipilihnya Kelurahan Talang Benih sebagai lokasi gebrak DBD karena wilayah tersebut sebagai salah satu penyumbah penyebaran tertinggi di Kabupaten RL, sebagaimana hal ini diungkapkan oleh Wakil Bupati RL Iqbal Bastari saat mengikuti kegiatan tersebut.

\"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa membuka kesadaran seluruh lapisan masyarakat bahwa penyakit DBD ini termasuk penyakit mematikan, sehingga bisa ditekan dan dikurangi,\" paparnya.

Dalam program gebrak DBD yang dilaksanakan kemarin dilaksanakan pembagian bubuk abate secara gratis kepada masyarakat serta pembagian ikan cupang yang dimaksudkan untuk diletakkan ditempat-tempat endapan air baik di tempat penampungan air maupun di selokan rumah warga yang tujuannya agar jentik-jentik nyamuk dimangsa oleh ikan tersebut.

Sementara itu untuk menyadarkan masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan sekitar, Wabup mengatakan akan menghimbau kepada seluruh wara RL untuk melaksanakan bersih-bersih lingkungan yanng dilaksanakan setiap hari jumat atau Jumat bersih.

\"Kebersihan sebetulnya sudah harus menjadi kesadaran bagi warga, jika nantinya kesadaran itu kurang akann kita beri himbauan melalui surat,\" tegas Wabup. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait