TNKS Izinkan Pembukaan Jalan ke Sungai Lisai

Selasa 18-10-2016,15:01 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

PINANG BELAPIS, Bengkulu Ekspress - Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi, mengatakan, pembukaan jalan ke Desa Sungai Lisai sudah mendapatkan izin dari Taman Nasional Kerinci Sebelat.

Hal itu ia sampaikan saat kunjungan kerja yang dilakukannya ke Desa Sungai Lisai selama empat hari bersama Ketua DPRD Lebong, Dandim 0409 RL, Kapolres Lebong, dan pimpinan SKPD, 13-16 Oktober lalu.

Bupati mengatakan, untuk pembukaan jalan bisa dilakukan namun lebar jalan yang diperbolehkan hanya selebar 1,5 meter. Pembangunan jalan ini bisa dilakukan menggunakan dana desa yang setiap tahun dianggarkan ke desa. \"Saya yakin dengan dibukanya jalan selebar 1,5 meter ini mptor roda tiga bisa masuk sehingga pengangkutan barang dari Desa Sungai Lisai ke Sebelah Ulu begitu juga sebaliknya bisa lebih mudah,\" ungkap Bupati.

Selain itu, kunjungan kerja Bupati Lebong 4 hari ke Desa Sungai Lisai diisi dengan berbagai kegiatan dan pemberian bantuan kepada masyarakat setempat. Di hari pertama kunjungan yakni Jumat (14/10) kegiatan diisi dengan melakukan bakti sosial berupa pengecatan Masjid Muhajirin dan kegiatan pelayanan kesehatan serta sunatan massal.

Di hari kedua, Bupati menyerahkan berbagai bantuan kepada masyarakat baik bantuan pribadi maupun bantuan Pemda lebong. Bantuan yang diberikan berupa 1 unit organ tunggal dari Bupati Lebong, bantuan uang tunai kepada masyarakat dari Ketua DPRD Lebong, bantuan 1 set alat pengeras suara dan 3 set ambal dari Sekretariat Daerah, bantuan dari Dinas Pertanian kepada kelompok tani di Sungai Lisai berupa benih padi 1,375 Ton, bibit jagung 150 kg, 1 unit handtracktor, 2 Unit powertraser, dan 4 unit handsprayer.

Kemudian Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Lebong menyerahkan bantuan berupa 45 set baju seragam merah putih, 45 set baju olahraga, 10 lembar baju olahraga guru 10, 18 lembar kostum tim, 10 kostum guru, 2 bola volly, 3 bola kaki, 4 bola takraw, 2 set net,B 10 bola kasti, 10 senter 10, 45 set alat tulis dan 1 set poster. Dinas sosial meberikan bantuan berupa 1 karung seragam sekolah, 1 karung pakaian baru dan 1 karung pakaian bekas layak pakai.

Sumbangan dari Dinas Pertambangan dan Energi berupa kabel listrik dan bola lampu, pihak Bank BPD juga menyalurkan bantuan untuk 20 orang anak kurang mampu masing- masing uang tunai Rp 200 ribu. Seluruh bantuan tersebut diberikan oleh Bupati, Ketua DPRD, Dandim 0409 RL, Kapolres Lebong dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong.

Penjabat Kepala Desa Sungai Lisai Azis Mulatif dalam sambutannya, menyampaikan terimakasih kepada Pemda Lebong atas bantuan yang telah disampaikan kepada masyarakat Desa Sungai Lisai dan atas kunjungannya ke Desa Desa Sungai Lisai.

Ia juga meminta agar kedepannya Pemda Lebong dapat mengupayakan bantuan dari Bank dunia kepada warga Desa Sungai Lisai baik berupa bantuan langsung dan bantuan program.

\"Masyarakat Desa Sungai Lisai juga berharap agar pemda dapat melakukan pembangunan jalan sepanjang kurang lebih 10 Km dari Desa Sebelat Ulu ke Desa Sungai Lisai,\" kata Azis.(***)

Tags :
Kategori :

Terkait