Alsintan Gratis untuk Petani

Jumat 14-10-2016,14:10 WIB

BINTUHAN, BE - Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Kaur kembali mendapat bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) sebanyak 5 unit berupa Quick Harvester alat pengolah lahan dan Pemotong Padi dari Kementerian Pertanian, Kamis (13/10).

“Bantuan alat-alat panen padi modern ada lima unit dari Kementerian Pertanian sudah tiba, dan siap disalurkan ke petani,” kata Plt Kepala Dispertan Kaur, Nasrul Rahman ST melalui Kabid Prasarana Sarana Pertanian (PSP), Endy Yurizar SP, kemarin (13/10).

Dikatakannya, peralatan tersebut bakal disalurkan pada Koptan yang memang membutuhkan. Bantuan Quick Harvester yang kini sudah tiba di halaman Dispertan Kaur. Dispertan di sini hanya penerima barang dan akan disalurkan kepada Koptan. Koptan yang akan mendapatkan bantuan, yang diutamakan kepada Koptan yang belum pernah dapat bantuan Alsintan. Jadi, sebelum bantuan disalurkan akan dilakukan verifikasi dulu terhadap kelompok-kelompok yang telah memasukan proposal.

“Kaur ini dapat bantuan Alsintan ini hampir setiap tahun, beberapa minggu lalu kita juga sudah meyalurkan ratusan Alsintan kepada Koptan di Kaur ini,” terangnya.

Lanjutnya, ini dilakukan jagan sampai kelompok yang sudah pernah mendapatkan bantuan Alsintan seperti alat tanam padi kembali mendapatkan bantuan yang sama. Sementara masih banyak kelompok lain yang belum mendapat bantuan.

“Nanti setelah siap, baru kita bagi kepada Koptan. Tapi koptan mana saja, kini masih kita verifikasi. Kita tak ingin bantuan tersebut terpusat pada satu atau beberapa kelompok saja,” ujarnya.

Ditambahkannya, banyaknya bantuan Alsintan kepada kelompok tani di Kaur adalah bentuk upaya Pemerintah Kaur untuk terus membantu para petani melalui kelompok-kelompok tani agar pengelolaan dan hasil produksi hasil perta-nian khususnya jenis padi bisa terus meningkat.

“Dengan banyaknya bantuan peralatan pertanian ini diharapkan dapat meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Kaur, juga bantuan seperti alat panen padi ini untuk membantu petani, sehingga tidak perlu lagi pakai alat tradisonal,” jelasnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait