Harga Kebutuhan Pokok Naik

Sabtu 01-10-2016,14:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Kabupaten Kaur, mengalami kenaikan. Sejumlah pedagang mengaku kenaikan harga itu dipicu intensitas hujan yang masih tinggi sehingga menyebabkan pasokan dari petani semakin minim. Kebutuhan yang harganya sudah naik adalah cabai, beras dan telur.

”Untuk beras, telur dan cabai saat ini sudah naik semua. Kalau minyak goreng, gula pasir, belum naik,” kata Rina (32), salah satu pedagang Sembako pasar Inpres, kemarin (30/9).

Menurutnya, kenaikan harga itu sudah terjadi beberapa hari belakangan ini. Kenaikan itu, seperti beras yang pecupaknya Rp 28 ribu naik Rp 30 ribu, telur yang biasanya Rp 35 ribu per karpet naik Rp 40 ribu perkarpet, dan cabai yang biasanya Rp 35 ribu perkilo menjadi Rp 45 ribu.

“Yang sudah terasa kenaikan ini, tiga bahan pokok inilah. Kalau kami menjual ini cuma mengikuti pasaran saja, kalau itu naik, kami ikut naik juga,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Yona (43), pedang cabai di sekitar pasar Inpres. Ia menyebutkan, kenaikan cabai, beras berkisar antara Rp 5.000 per kilogram. Menurutnya, kenaikan ini karena di picu intensitas hujan yang menyebabkan pasokan dari petani semakin turun. Sehingga pedagang terpaksa menaikkan harga kebutuhan pokok yang lain.

”Tergantung pemerintah saja, kalau modalnya naik, mau nggak mau kita juga menaikkan harga, apa lagi sekarang ini musim hujan cabai mudah busuk,” ujarnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait