Rela Berdesakan dan Berhujan

Sabtu 24-09-2016,13:30 WIB

Penyambutan kepulangan sebanyak 78 orang jamaah haji dari Kabupaten Lebong menyisakan sebuah cerita menarik. Ribuan keluarga jemaah haji sedari sore sudah menunggu jamaah haji tiba di Masjid Agung Sultan Abdullah. Mereka rela berdesak-desakan dan terkena hujan hingga ditertibkan petugas demi mendapatkan pelukan dan sambutan tangan pertama dari keluarga mereka yang baru tiba di Bumi Swarang Patang Stumang. Setelah menjalani rangkaian ibadah haji di tanah suci Mekkah. Berikut laporannya :

Dwi Nopiyanto, Kabupaten Lebong

Jumat (23/9) pukul 17.30 WIB, ribuan warga terlihat sudah datang dari segala penjuru Kabupaten Lebong untuk menyambut kepulangan keluarga mereka yang telah selesai melaksanakan ibadah haji. Halaman Masjid Agung Sultan Abdullah yang biasanya lengang, sore hingga malam itu berubah total. Ribuan warga tumpah ruah memadati halaman masjid Agung. Ketika terdengar suara sirine mobil para jemaah tiba sekitar pukul 19.20 WIB, warga pun berjubelan ingin menyambut keluarganya yang selesai berhaji tersebut.

\"Saya sudah dari jam 5 sore tadi nunggu ayah dan ibu saya yang baru pulang haji. Saya senang sekali bisa kembali ketemu dengan ayah dan ibu saya,\" kata Sesti salah satu keluarga Jemaah Haji Kabupaten Lebong.

Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIP MSi mengucapkan, selamat datang kembali di Kabupaten Lebong dengan sehat dan selamat kepada para jamaah haji tersebut. \"Alhamdulillah jemaah haji kita hingga kembali lagi ke Kabupaten yang kita cintai ini masih diberikan nikmat kesehatan. Mudah-mudahan Ibadah hajiyang telah dilakukan diterima oleh Allah SWT dapat diterima dan menjadi haji mabrur dan mabruroh, amin a roball alamin,\" ucap Bupati

Puluhan personil Polres Lebong dibantu puluhan anggota Satpol PP, Perhubungan dan Pramuka tampak sibuk melakukan pengamanan dan juga mengatur arus lalu lintas di pusat Pemerintahan Kabupaten Lebong tersebut. Sisi kiri dan kanan jalan mulai dipenuhi oleh manusia yang siap menyambut kepulangan keluarga mereka yang dibawa dua unit bus besar dan beberapa iring-iringan mobil kecil lainnya.

Rombongan Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIP MSi, Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong Mirwan Effendi SE MSi dan FKPD Lebong serta pejabat dijajaran Pemkab Lebong pun telah siap menyambut para jemaah. Dengan berdiri di depan Masjid Agung.

Suasana haru dan desak-desakan warga pun terjadi ketika pintu bus yang membawa jamaah haji dibuka. Bahkan, beberapa warga ada yang nekat menerobos blokade petugas demi mendapatkan pelukan dan jabatan tangan pertama dari keluarga mereka yang baru saja kembali dari tanah suci Mekkah.

Keriuhan semakin menjadi-jadi, ketika jamaah haji melambaikan tangan kepada kerabatnya yang sudah lama menunggu dibawah dinginnya guyuran hujan deras. Air mata terlihat mengucur dari pipi jamaah haji Lebong saat disambut keluarga mereka. Walau harus dipisahkan kembali oleh petugas demi keamanan jalannya penyambutan jamaah haji Lebong.

Semua jamaah haji itu dikumpulkan di dalam masjid Agung sembari beristirahat sejenak sebelum pulang ke rumah masing-masing. Keluarga mereka pun masih tampak setia menunggu di pelataran masjid. Akhirnya setelah kegiatan penyambutan kepulangan jemaah haji ini dilakukan, barulah sanak keluarga mereka berhamburan menyambut jamaah haji dan selanjutnya pulang ke kediaman masing-masing. (**)

Tags :
Kategori :

Terkait