Danlanal, Siap Amankan Laut Bengkulu dan Pembinaan Masyarakat Pesisir

Sabtu 24-09-2016,09:20 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Fajar Rusdianto yang kemarin baru saja menggelar pisah sambut dengan Danlanal yang lama Letkol Laut (P) Muhammad Nizar Gadafi SE, menyatakan komitmennya mengamankan laut Bengkulu, serta membina potensi maritim di Bengkulu.

BUDHI, Kota Bengkulu

Meskipun baru sehari menjadi komandan di Lanal Bengkulu, Fajar Rusdianto akan terus melanjutkan program-program yang sudah dirintis dan dilaksanakan oleh Danlanal sebelumnya, Letkol Laut (P) Gadafi. Sebab, ia menganggap program yang selama ini berjalan sudah sangat bagus dan sangat baik sehingga perlu dilanjutkan lagi.

\"Setiap program yang saya nilai sudah baik, akan terus saya lanjutkan dan kita akan melengkapi apa-apa saja yang masih kurang serta menambahi apa-apa yang memang diperlukan yang tujuannya untuk membangun Provinsi Bengkulu lebih tangguh lagi kedepannya,\" ujar Fajar Rusdianto, disela-sela acara pisah sambut di Mako Lanal, kemarin (23/9).

Ia menyampaikan, TNI Al merupakan satuan keamanan dalam bidang pertahanan di laut, maka pihaknya akan melakukan kegiatan yang bersifat kemaritiman, seperti pembinaan potensi maritim di Provinsi Bengkulu perlu lebih ditingkatkan dan dikuatkan lagi.

\"Kita akan lakukan itu yang tujuan utamanya adalah untuk pemberdayaan masyarakat pesisir atau masyarakat nelayan yang kaitannya dengan kemaritiman, misalnya meningkatkan lagi budidaya penanaman mangrove dan terumbu karang nantinya,\" ungkapnya.

Fajar Rusdianto mengatakan, kedepannya nanti dirinya sudah mempersiapkan ide-ide dan program lainnya mengenai keamanan dan masalah ekosistem lautnya yang akan di rancangnya dalam waktu dekat ini demi kemajuan masyarakat pesisir khususnya wilayah Bengkulu.

\"Program itu akan saya buat dalam waktu dekat, karena itu merupakan salah satu program kerja kita karena kita paling banyak berhubungan dengan laut jadi masalah mangrove dan terumbu karang juga kewajiban kita selaku TNI AL,\" ucapnya.

Menanggapi masalah pulau Enggano, ia menyampaikan, dalam waktu dekat ini dirinya akan berkunjung langsung kesana dan memantau langsung bagimana kondisi keadaan masyarakatnya karena mereka merupakan warga yang paling dekat dengan laut dan merupakan masyarakat pesisir. \"Kita akan langsung berkunjung kesana untuk lebih tahu pasti gimana keadaan masyarakat disana, karena itu juga merupakan program kerja saya selaku Danlanal yang baru ini,\" paparnya.

Ia juga memuji keamanan laut Bengkulu semasa Danlanal Letkol Laut (P) Gadafi, sebab keamanan laut Bengkulu terbilang sukses dan tidak ada masalah sedikitpun, sehingga sangat perlu untuk diteruskan peningkatan keamananya tersebut agar masyarakat Bengkulu aman dari segelah macam ancaman yang berasal dari laut.

\"Kita juga akan menindak tegas jika ada kapal dari negara Luar yang menangkap ikan di laut kita, karena tidak ada Negara lain yang boleh mengambil ikan kita secara ilegal dan pengaman itu akan lebih kita tingkatkan karena itu merupakan pokok utama tugas kita,\" pungkasnya. (529)

Tags :
Kategori :

Terkait