Mutasi Jilid 3 Pemprov, 3 Non Job, 3 Digeser

Kamis 15-09-2016,09:00 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 BENGKULU, BE - Angka 3 sepertinya mendominasi mutasi pejabat eselon 2 jilid ketiga di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu digelar oleh Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti, Rabu (14/9) siang. Selain menonjobkan 3 pejabat eselon 2, RM juga menggeser posisi 3 pejabat lainnya.

Mereka yang dinonjobkan adalah adalah Hendarini BSc SSos MM yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Gubernur dinonjobkan ke fungsional Dinas RSUD M Yunus, Yasarlin MPd yang sebelumnya Staf Ahli Gubernur dinonjoblan ke fungsional umum Dispendik Provinsi, serta Ir H Khalid Agustin MSi sebelumnya Kepala BPMPD yang dimutasikan ke fungsional umum Dinas PU.

Sementara tiga pejabat yang digeser dari posisinya adalah Rusdi Bakar MPd yang sebelumnya Kepala Dishubkominfo digeser menjadi Kepala Dinsos Provinsi, kemudian Din Ikwan SSos yang sebelumnya Kepala Dinsos dijadikan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Pemberdayaan, serta Rudi Perdana SE yang sebelumnya menjabat Kepala Dispar dimutasikan menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan.

Sedangkan jabatan kepala di SKPD yang ditinggalkan pejabat lama diisi oleh pelaksana tugas (plt) yang dirangkap, kecuali pada jabatan Kepala Dinkensos. Plt Kadiskomindo disisi oleh Ir Budi Djatmiko MM merangkap sebagai Sekretaris Dishubkominfo, Plt Kadispar diisi oleh Suparhim yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dispar, dan Plt Kepala BPMPD diisi oleh Ir Jumianto yang menjabat sebagai Sekretaris BPMPD Provinsi Bengkulu.

\"Ini masih rolling-rolling jabatan saja. Hanya untuk memenuhi kebutuhan mendesak,\" ujar Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA kepada BE, usai menghadiri pelantikan pejabat eselon 2 dan 3, di ruang Raflesia Pemprov Bengkulu, kemarin.

Wagub juga mengatakan, mutasi akan tetap dilanjutkan, ketika nama-nama SKDP yang baru, sesuai dengan PP 8 tahun 2016, telah disahkan oleh DPRD Provinsi Bengkulu. \"Nanti akan dilakukan mutasi kembali, ketika PP 18 teah disahkan oleh DPRD,\" tegasnya. Selain memutasikan 6 pejabat eselon 2, Gubernur Bengkulu juga memutasikan 4 pejabat eselon III.

Wartawan Dilarang Masuk

Tak hanya data nama pejabat yang ditutupi, kali ini, proses mutasi pejabat eselon 2 dan 3 ini digelar secara tertutup untuk wartawan. Awak media yang telah menunggu di luar ruangan Raflesia Pemprov Bengkulu, tidak diperkenankan meliput masuk ruangan mutasi pejabat. Tiga orang pegawai Pemprov dan Satpol PP dihadapakan untuk menghadang pintu masuk tempat ruangan mutasi pejabat. \"Jangan masuk dulu. Ini perintah,\" ujar penjaga pintu sembari kembali menutup pintu tempat ruangan mutasi.

Sementara, Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti yang tergesa-gesa masuk ke dalam ruangan beralasan, tidak bisa dapat masuk karena hanya sedikit pejabat yang dimutasi. \"Cuma dikit, hanya 5 orang yang dimutasi,\" singkat Ridwan, yang langsung masuk ruangan tempat dilakukan mutasi pejabat.

Di sisi lain, dalam cuitannya di twitter, akun @Ridwan Mukti1963 menyatakan, pihaknya bukan melarang wartawan masuk, tetapi karena ruangannya sempit, terpaksa wartawan yang masuk dibatasi. \"Itu teknis pengaturan saja, bila wartawan tadi sepakat hanya 1 orang saja sebagai wakil yang masuk, pasti boleh kok,\" ujarnya.

Lantaran kesal tidak dapat masuk ruangan, wartawan yang terdiri dari wartawan nasional dan lokal Bengkulu menggelar aksi kekecewaan dengan melempar dan mengumpulkan Id-card atau kartu nama wartawan di depan pintu masuk ruangan mutasi pejabat. Aksi protes ini sebagai bentuk kekecewaan, atas tidak adanya keterbukaan secara publik terhadap penyelenggaraan kinerja pemerintah.(151)

NAMA JABATAN LAMA JABATAN BARU

1 Rusdi Bakar MPd Kepala Dishubkominfo Kepala Dinkesos Provinsi 2 Din Ikwan SSos Kepala Dinsos Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Pemberdayaan 3 Rudi Perdana SE Kepala Dispar Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan 4 Hendarini BSc SSos MM Staf Ahli Gubernur Fungsional Dinas RSUD M Yunus 5 Yasarlin MPd Staf Ahli Fungsional Umum Dispendik Provinsi 6 Ir H Khalid Agustin MSi Kapala BPMPD Fungsional Umum Dinas PU

PEJABAT ESELON III

No NAMA JABATAN LAMA JABATAN BARU 1 Drs Pahmi Kabid Diklat Kepemimpinan Badan Diklat Provinsi Kabid Kerjasama BKPMD 2 Ruflan - Kabid Diklat Kepemimpinan Badan Diklat Provinsi 3 Rahmawati SSos - Kabid Arsip Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi 4 H Iwan SE MM - Kabid Pendataan dan Informasi BKPMD

Tags :
Kategori :

Terkait