Dirampok, Dibunuh, Dibuang

Rabu 31-08-2016,10:30 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 Tiga Kasus Pembunuhan Belum Terungkap

MUARA SAHUNG,BE- Petani kopi Budiman bin Santo Maryo (65), warga asal Belitang Kabupaten Oku Timur Sumatera Selatan, yang tinggal di desa Air Kemang RT 04 Desa Ulak Bandung Kecamatan Muara Sahung Kabupaten Kaur yang ditemukan tewas membusuk dalam karung dengan dibalut plastik terpal hitam besar dipinggir jalan jurang kebun Air Kemang itu merupakan korban perampokan, yang dibunuh pelaku diduga saat usai menjual kopi 1 ton hasil panen dikebunnya.

“Ya berdasarkan olah TKP kita, diduga korban merupakan korban pencurian dengan kekerasan (curas),” kata Kapolres Kaur AKBP Bambang Purwanto SIK, kepada BE kemarin(30/8).

Hal itu terungkap setelah aparat kepolisian melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), dan menemukan sejumlah barang bukti (BB) banyak barang korban hilang, seperti motor di pondok kebun korban hilang.

Dari Olah TKP tersebut juga diketahui kuat dugaan pelaku adalah seorang yang berpura-pura ingin bertamu dengan korban yang memang sudah mengetahui kondisi korban usai menjual kopi tersebut. Namun dalam menjalankan aksinya, pelaku lebih dari satu orang itu, diduga sempat melumpuhkan korban dengan mengeksekusi dengan cara menikam korban dan lalu mayat korban dibungkus palstik dan karung dan dibuang kejurang tepi jalan. “Kalau masalah luka dibagian tubuh korban memang ada, dan kita juga kesulitan karena tubuhnya sudah busuk. Tapi untuk pasti penyebab kematianya kita belum tahu,” terang Kapolres.

Ditambahkan, untuk mengatahu pelaku pembunuhan itu, anggotanya saat ini masih memburu pelaku pembunuh petani kopi. Juga pihaknya belum bisa memastikan pelaku pembunuhan korban merupakan orang setempat atau luar Kabupaten Kaur. Namun saat ini pihaknya telah melakukan pemeriksaan beberapa saksi. “Sampai kini masih kita selidiki pelaku pembunuhan petani itu, dan kita berharap pelakupembunuhan itu segera kita ungkap,” jelas Kapolres.

Sebagaimana dikethaui, sepanjang tahun 2016 ini sudah ada tiga peristiwa pembunuhan terjadi di wilayah hukum Polres Kaur. Namun sayang, belum satu pun tersangka tertangkap pelaku pembunuhan itu. Tiga kasus pembunuhan yang sampai saat ini belum terungkap adalah kasus pembunuhan di Desa Tanjung Aur 1 Kecamatan Tanjung Kemuning, pada awal Juni lalu. Dimana korban Sri binti Johan Mak Cik (28) tewas lantaran dibunuh suaminya sendiri berinisial Si (35), yang kini kabur dan menghilang entah ke mana. Kedua pembunuhan di Desa Arga Mulya Kecamatan Maje Kabupaten Kaur, pada 26 Juli. Yang telah menewaskan Ramli bin Maidin (52), warga Pagar Dewa Kota Bengkulu.

Pelaku identitasnya juga sudah dikantongi polisi. Namun sampai saat ini belum juga tertangka. Sedangkan yang terakhir pembunuhan petani kopi Budiman bin Santo Maryo (65), warga asal Belitang Kabupaten Oku Timur Sumatera Selatan, yang tinggal di desa Air Kemang RT 04 Desa Ulak Bandung Kecamatan Muara Sahung Kabupaten Kaur yang ditemukan tewas membusuk dalam karung dengan dibalut plastik terpal hitam besar dipinggir jalan jurang kebun Air Kemang, pada Senin (29/8).(618)

Tags :
Kategori :

Terkait