Penerima Traktor Masih Diverifikasi

Sabtu 27-08-2016,12:30 WIB

BINTUHAN, BE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Pertanian (Dispertan) setempat dalam waktu dekat ini akan menyalurkan sebanyak 50 unit handtraktor bantuan Kementerian Pertanian kepada kelompok tani di wilayah itu. Namun sebelum dibagikan, Dispertan masih memverifikasi proposal permohonan dari puluhan kelompok tani itu.

“Untuk jumlah traktor bantuan dari kementerian itu ada sekitar 50 unit, dan bantuan untuk petani itu saat ini sudah menumpuk di halaman kantor Dispertan, dan akan segera kita bagikan,” kata Plt Kepala Dispertan Kaur, Nasrul Rahman SHut, Jum’at (26/8) kemarin.

Dikatakan Nasrul, untuk saat ini ada 100 proposal yang diajukan dari kelompok tani dari lima belas kecamatan di Kaur, dan masih diverifikasi. Dari ratusan kelompok tani yang mengajukan proposal tersebut dinilai dengan skala prioritas daerah yang sangat membutuhkan sekali untuk menggunakan alat bantuan tersebut. Namun syarat utama menerima bantuan ini harus tergabung Gapoktan, kelompok penerima harus punya lahan seluas 25 hektare. Lokasi lahan juga akan dilihat cocok untuk digunakan traktor.

“Kami sedang verifikasi proposal dari kelompok tani itu, setelah itu, traktor baru diserahkan ke kelompok tani, tapi kalau kelompok yang pernah mendapatkan bantuan, tidak akan mendapatkan lagi, karena satu kelompok itu satu traktor,” terangnya.

Ditambahkannya, dengan adanya bantuan alat pertanian tersebut seluruhnya segera direalisasikan untuk mendukung program pemerintah setempat dalam pompanisasi untuk mencegah lahan pertanian kekeringan saat musim kemarau, sehingga bantuan peralatan pertanian ini diharapkan dapat meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Kaur.

“Setiap tahun kita selalu mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian, dan kita berharap dengan bantuan ini swasembada pangan di Kaur meningkat,” pungkasnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait