Peminat Pencak Silat Meningkat

Sabtu 13-08-2016,10:30 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, BE - Seiring dengan banyak prestasi yang diraih oleh atlet pencak silat Kabupaten Rejang Lebong, minat akan seni beladiri asli Indonesia ini terus meningkat. Salah satunya bisa dilihat dari peningkatan peserta pada kegiatan pertandingan dalam memeriahkan HUT RI ke-71 di Kabupaten Rejang Lebong.

Menurut Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Rejang Lebong, Tugiman didampingi Kordinator Lomba Adin Kohar, pada tahun 2016 ini jumlah pesertanya mencapai 63 orang, sedangkan pada tahun 2015 lalu sekitar 40 orang.

\"Dibandingkan dengan tahun ini, jumlah peserta kita meningkat, hal ini menunjukkan adanya peningkatan minat pada cabang pencak silat ini,\" aku Tugiman.

Dijelaskan Tugiman, peserta sebanyak 63 orang tersebut hanya dari tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) saja. Menurutnya bila dibuka untuk kalangan umum maka kemungkinan besar pesertanya akan jauh meningkat.

Dalam kesempatan tersebut, Tugimnan menjelaskan, dalam perlombaan pencak silat ini terbagi menjadi 4 kategori yakni kategori A.B.C dan D masing-masing untuk putra dan putri.

Dari hasil perlombaan yang digelar hingga kemarin didapati sebagai pemenangnya adalah pemenang lomba pencak silat tingkat pelajar SMP ini diantaranya untuk putri kategori A yakni Riski K dari SMPN I Curup Utara. Untuk kategori B dimenangkan oleh Riski F dari SMPN I Bermani Ulu.

Ketegori C yakni Zaki dari SMPN I Curup kota dan kategori D dimenangkan oleh Januar dari SMPN Curup Utara. Sementara untuk tingkat Putri, kategori A dimenangkan oleh Putri, SMP Curup Kota, kategori B dimenangkan oleh Sherli dari SMP IT Khoirul Ummahilam SMP kecamatan Bermani Ulu raya dan kategori D dimenangkan oleh Yunita SMP Curup timur.

Sementara itu, saat bersamaan perlombaan dalam cabang lain yaitu Taekwondo juga tengah dipertandingkan di Balai PertemuanCurup. Menurut Ketua Penkab Taekwondo Yohanes mengaku, minat atlit cabang taekwondo tahun 2016 ini juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

\"Kalau jumah atlitnya mencapai seribuan lebih, kalau yang ikut lomba sekarang sebanyak 156 atlit mulai dari tingka SD sampai SMA sederajat, kalau tahun lalu hanya sekitar 120 peserta,\" jelas Yohanes.

Dipaparkan Yohanes, untuk meningkatkan bibit atlit dibidang olah raga ini, pihaknya terus melakukan pembinaan baik dalam kegiatan ekstrakurikuler disekolah maupun kegiatan ditingkat kabupaten melalui pengurus cabangnya. \"untuk atlet kita sudah banyak yang mendapat prestasi nasional dan pernah mendapatkan emas di kejurda di Jakarta,\"akunya.

Bahkan untuk kualitasnya, menurut Yonaes Cabang Taekwondo di Rejang Lebong tidak diragukan lagi karena sudah memiliki sertifikat DAN Kukkiwon dari Korea untuk 8 orang atlet. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait