Tenaga Medis Puskesmas Minim

Sabtu 06-08-2016,14:10 WIB

BINTUHAN, BE - Meski telah berstatus Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dengan Tempat Perawatan, namun beberapa Puskesmas di Kabupaten Kaur masih kekurangan tenaga medis. Minimnya tenaga medis seperti perawat ini hampir merata di sejumlah Puskesmas wilayah Kabupaten Kaur.

“Memang dari 16 Puskesmas yang ada masih ada beberapa Puskesmas lagi yang masih kekurangan tenaga perawatnya, terutama perawat berstatus PNS,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaur Drs M Tabri, Jum’at (5/8) kemarin.

Dikatakan mantan Kepala Disperindagkop Kaur ini, Puskesmas yang masih minim tenaga perawat itu yakni Puskesmas Muara Sahung, Puskesmas Kinal, Puskesmas Luas, Puskesmas Kelam Tengah, Puskesmas Lungkang Kule, Padang Guci Hulu, dan Padang Guci Hilir. Meski demikian walau terjadi kekurangan perawat, pihaknya mengaku tidak mempengaruhi pelayanan yang ada dan pihaknya tetap memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

\"Pelayanan sih selama ini Alhamdulillah masih bisa dilakukan. Tapi kalau dibilang cukup, dengan jumlah yang ada saat ini sih masih kurang,\" katanya.

Ditambahkannya, dengan jumlah perawat yang ada, para perawat mau tak mau harus saling memback-up satu sama lain. Belum lagi tugas administrasi fungsional umum yang jumlahnya juga belum ideal dan harus ikut dibantu. Namun pembinaan terhadap staf Puskesmas terutama perawat terus pihaknya lakukan.

\"Idealnya ada nambah minimal 4 perawat lagi lah setiap Puskesmas. Mudah-mudahan nanti kalau ada pembukaan CPNS kebutuhan tersebut bisa akan diatasi,”pungkasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait