Minta Irigasi Ditingkatkan

Selasa 02-08-2016,12:00 WIB

KONDISI irigasi Pulau Kabu Kecamatan Kaur Utara saat ini semakin dibutuhkan warga sekitar, bahkan lantaran debit air yang baik itu ratusan penduduk yang menggarap sawah di sekitar lokasi sangat menggantungkan kondisi persawahannya dengan saluran irigasi.

“Debit air yang ada diirigasi masih kecil dan belum mampu mengairi seluruh sawah penduduk dengan maksimal,” kata Didi Arianto SIP Anggota DPRD Kaur dari politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Senin (1/8) kemarin.

Menurut Didi, sebagian besar warga yang mempunyai persawahan di wilayah tersebut berharap pemerintah baik kabupaten maupun provinsi meningkatkan kualitas irigasi Pulau Kabu. Sebab dengan adanya peningkatakan irigasi tersebut warga merasa terbantu.

“Harapan warga dilakukan peningkatan sebab debit air saat ini tidak terlalu mencukupi kebutuhan irigasi di sejumlah persawahan,” papar Didi.

Ditambahkannya, saat ini setidaknya 200 hektar lahan persawahan warga yang terdapat di lokasi hamparan pulau kabu. Dari jumlah itu sekitar 40 persen belum menerima air irigasi dengan baik dan terpaksa melakukan alternatif dengan membangun siring cacing untuk dapat mengaliri sawahnya.

“Tapi hasilnya tidak maksimal, kalau irigasi ini ditingkatkan maka akan membuat petani kembali bergairah dan tentunya hasil panen padi akan jauh lebih meningkat,” pungkasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait