Harga Cabai Mulai Turun

Sabtu 18-06-2016,10:40 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, BE - Jika pada awal puasa kemarin harga cabai mengalami peningkatan, memasuki pertengahan bulan puasa ini harga komoditas sayuran yang menghasilkan rasa pedas tersebut mulai mengalami penurunan. Berdasarkan data dimiliki Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kabupaten Rejang Lebong, saat ini harga cabai mulsa di pasaran dihargai Rp 13 ribu per Kg padahal sebelumnya ada di harga Rp 15 ribu per Kg. Sementara untuk harga cabai keriting saat ini Rp 18 ribu per Kg. Padahal satu minggu sebelumnya harga cabai keriting ini menyentuh angka Rp 25 ribu per Kg.

\"Setelah kita lakukan pemantauan, minggu ini harga cabai memang mulai mengalami penurunan dibandingkan dengan minggu sebelumnya,\" ungkap Kepala Diskopukmperindag Rejang Lebong, Suhandak SH MHum.

Selain harga cabai, harga sejumlah komoditas lainnya juga mengalami penurunan seperti pada bawang merah yang sebelumnya dihargai Rp 45 ribu per Kg, namun saat ini turun menjadi Rp 40 ribu per Kg. Sedangkan untuk harga bawang putih masih normal pada angka Rp 40 ribu per Kg.

Selain bawang putih sejumlah harga komoditas lainnya yang tidak mengalami perubahan seperti ikan asin teri masih Rp 46 ribu per kg, kacang hijau Rp 27 per kg, kacang tanah Rp 30 ribu per kg, Gula merah Rp 20 per kg, kedelai impor Rp 15 ribu per kg dan kedelai lokal Rp 12 ribu per Kg.

Sementara itu, untuk beras kualitas 1 masih Rp 10 ribu per Kg dan menengah Rp 9.500 per Kg. Kemudian gula pasir dalam negeri naik Rp 500 dari minggu lalu Rp 14.500 per Kg menjadi Rp 15 ribu per kg.

Untuk harga daging sapi murni sendiri saat ini masih stabil diangka Rp 120 ribu per kg, ayam broiler Rp 35 ribu per kg dan ayam kampung Rp 75 ribu per kg. Untuk harga telor ayam broiler masih normal yakni Rp 1.500 per butir dan telur ayam kampung Rp 2.500 per butir.

Kemudian harga kopi bubuk saat ini juga masih normal yakni dengan harga Rp 44 ribu per Kg sementara itu, untuk kopi biji sendiri turun dari minggu lalu mencapai Rp 22 ribu per Kg saat ini hanya Rp 20 ribu Kg.

\"Harga sejumah barang dipasaran masih terbilang stabil, baik daging sapi maupun komoditi lainya, harapan kita tidak mengalami perubahan hingga musim lebaran,\" akhir Suhandak. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait