Hasil UN SMP Diumumkan Hari Ini, 19 Siswa Dapat Nilai 100

Sabtu 11-06-2016,09:20 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 BENGKULU, BE - Meskipun secara umum hasil Ujian Nasional (UN) SMP sedejarat di Provinsi tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu, ternyata masih ada yang bisa dibanggakan dalam peraihan nilai UN oleh sejumlah siswa, yaitu dengan nilai 100.

Berdasarkan rilis Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, Jumat (10/6), ada 19 siswa yang mampu meraih nilai 100 pada mata pelajaran tertentu.

Siswa dengan nilai UN tertinggi SMP didominasi dari Kabupaten Rejang Lebong dan Kota Bengkulu. Peringkat Pertama diraih Hanifah Harahap dari SMPN 1 Curup dengan total nilai 385. Nilai itu meliputi Bahasa Indonesia (96), Bahasa Inggris (94, Matematika (100), dan IPA (95). Lalu posisi kedua diraih Nurhidayah Anggraeni yang juga dari SMPN 1 Curup dengan selisih 5 point dengan total nilai (383), dengan rincian Bahasa Indonesia (92.0), Bahasa Inggris (96.0) Matematika (95.0), IPA (92.5), serta peringkat ketiga diraih Fanaya Armansy dari SMPN 1 Kota Bengkulu dengan jumlah nilai 381. Rinciannya Bahasa Indonesia (94.0), Bahasa Inggris (100.0), Matematika (95.0) dan IPA (92.5) (lihat grafis-red).

Sedangkan untuk sekolah, jumlah nilai UN tertinggi didominasi dari Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, dan Curup. Pun begitu berdasarkan jumlah nilai UN tertinggi peringkat pertama diraih SMPN 1 Kota Bengkulu dengan total nilai (299.13) Posisi kedua diraih SMPN 06 Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah dan peringkat ketiga SMPN 3 Talang Empat, ( lihat grafis).

Sementara jumlah nilai teringgi jenjang Madrasah didominasi madrasah swasta, dengan peringkat pertama diraih MTS Tarbiyah Islamiyah. Sementara madrasah negeri hanya mampu bertahan di posisi 3 diraih Mts Negeri Batu Bandung Kabupaten Kepahiang, dan posisi kelima diraih MTsN 1 Kota Bengkulu, (lihat grafis-red).

Jumlah nilai UN jenjang madrasah didominasi dari MTsN 1 Kota Bengkulu, ada tujuh siswa, kemudian dari Kepahiang dan Bintuhan. Siswa madrasah dengan nilai tertinggi diraih Nidaul Hasanah dari MtsN 1 Kota Bengkulu, dengan total nilai 354.00 dengan rincian nilai Bahasa Indonesia (88.0) Bahasa Inggris (86.0) Matematika (92.5) IPA (87.5), peringkat kedua diraih Romaito Siregar yang juga dari MtsN 1 Kota Bengkulu dengan total nilai 349.5 terdiri dari Bahasa Indonesias (82.0), Bahasa Inggris (90.0) Matematika (95.0) dan IPA (82.5), peringkat ketiga nilai Un tertinggi masih dari MTsN 1 Kota Bengku;u atasnama Arif Kurniawan dengan total nilai (344.5) Rincianya Bahasa Indonesia (86.0) Bahasa Inggris (76.0), Matematika (92.5) dan IPA (90.0) (lihat grafis-red).

19 siswa Nilai 100 Berbeda dengan hasil UN SMA yang tidak ada hasil nilai UN sempurna, di jenjang SMP dari empat mata pelajaran yang di-UN-kan, diketahui sebanyak 19 siswa dengan nilai sempurna (100.0), itu disumbang dari Mata pelajaran Bahasa Inggris sebanyak 2 orang, yakni Fanaya Armansy dari SMPN 1 Kota Bengkulu dan Stifani Dwita Sari dari SMPN 1 Curup. 10 orang nilai (100.0) dari mata pelajarab Matematika, mereka adalah Ammar Asyraf dari SMPN 1 Bengkulu, Mawar Berliana Sari dari SMPN 1 Bengkulu, Ageis Triya Dewanti (SMPN 4 Bengkulu), Aisyah Nabillah (SMP IT Iqro\' Bengkulu), Cristian MP Napitupulu (SMPN 1 Argamakmur), Abi Abdillah Muhammad (SMPN 1 Curup), dan Hanifah Harahap dari SMPN 1 Curup. Dan 10 orang dari Mata pelajaran IPA, mereka adalah Adfi Bio Fimba (SMPN 4 Kota Bengkulu), Kamila Harisah Qalbi (SMP IT Iqro\' Bengkulu), Nurhodayah Anggraeni (SMPN 1 Curup), Habib Hilham Saputra (SMPN 1 Curup), Muhammad Hafist Khalaf (SMPN 1 Curup), Muhammad Rifki Egavi (SMPN 1 Curup), Danang Maulana (SMPN 2 Bengkulu Selatan), Adita Alifvia Salsabila Adha (SMPN 2 Bengkulu Selatan), Cynthia Franshella (SMPN 2 Bengkulu Selatan dan Fenti Khairunnisa (SMPN 2 Bengkulu Selatan).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman SAg MM melalui Ketua panitia UN R Wahyu DP mengatakan, untuk pengumuman UN tetap dilaksanakan Sabtu (11/6) di sekolah masing-masing. Tekhnis pengumuman diserahkan ke dinas pendidikan dan sekolah. Karena nilai UN saat ini tidak lagi sebagai penentu kelulusan siswa.

Sementara itu Kepala SMPN 1 Kota Bengkulu, Idiarman MPd saat dikonfirmasi tengah berada di Jakarta, baru mengetahui jika sekolahnya peringkat pertama se-provinsi. \"Apa benar itu, apa sudah final, \" ujarnya bertanya kepada media.

Setelah disebutkan rentetan perangkingan sekolah, Idiarman baru percaya dan berucap syukur. \"Alhamdulillah kerja keras semua guru dan siswa, \" katanya.

Sementara itu, Plt Kadis Dikbud Dra Rosmayetti, mengatakan meski dalam rata-rata nilai UN kota Bengkulu berada di urutan kedua provinsi, untuk sekolah terbaik masih disumbang dari Kota Bengkulu. Ia berjanji akan mengapresiasi sekolah dengan peringkat terbaik serta siswa dengan nila sempurna akan diberikan reward.

Masih dikatakan Rosmayetti, pada pelaksanaan pengumuman kelulusan saat ini, tehnisnya disereahkan semua kepala sekolah. Ia telah mengeluarkan surat edaran yang dikirim ke sekolah dengan harapan agar tidak ada siswa yang melakukan coret-coret baju sekolah saat pengumuman nanti. \"Untuk siswa dan sekolah kita minta untuk tidak menggelar aksi coret-coret seragam, diupayakan dengan menggunakan seragam batik. Pihak sekolah kita harapkan melarang siswanya konvoi dengan sepeda motor, karena dapat mengakibatkan Lakalantas dan mengganggu lalu lintas,\" cetusnya.

Sistem tertutup

Sementara itu Ketua MKKS jenjang SMP Se-Kota Bengkulu, Damri SPd saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan seluruh kepala sekolah. Sistem pengumuman kelulusan telah disepakati dengan menggunakan sistem tertutup yakni menggunakan surat undangan. \"Wali murid diminta hadir dan mengambil amplop pengumuman,\" cetusnya.

Sistem ini pun dapat dimanfaatkan sekolah untuk menyampaikan proses penerimaan peserta didik baru bagi siswanya yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.(247)

Tags :
Kategori :

Terkait