Kunjungan Danrem ke Graha Pena BE, Siap Bermitra Demi Kemajuan Bengkulu

Jumat 27-05-2016,09:20 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

  BENGKULU, BE - Danrem 041 Gamas, Kolonel Inf Andi Muhammad didampingi oleh Kepala Penerangan Korem (Kapenrem), Mayor CHK Yadi Chahyadi, berkunjung ke Graha Pena Bengkulu Ekspress, Kamis (26/5).

Mengingat baru saja mengemban amanah sebagai Danrem, Kolonel Inf Andi mengunjungi BE, untuk menjalin silaturahmi. Ia mengatakan, jika ada kegiatan positif yang dilaksnakan Korem, khususnya demi kemajuan Provinsi Bengkulu, diharapkan BE bisa mengeksposnya, karena media massa adalah mitra TNI.

\"Dalam memajukan Provinsi Bengkulu, TNI membutuhkan kerjasama dari semua lembaga dan instansi. Jika ada kegiatan-kegiatan nantinya diharapkan Bengkulu Ekspress juga menjadi mitra TNI,\" ujar Kolonel Inf Andi Muhammad, di hadapan Deputi GM BE, Suherdi Marabillie, GM BE TV, M Firdaus SP MM dan sejumlah petinggi BE yang menerimanya di ruang rapat BE.

Danrem mengatakan, sinergitas dari semua unsur memang sangat dibutuhkan. Masyarakat Bengkulu sendiri juga harus dapat berpartisipasi untuk memajukan Bengkulu, ditambah dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada sudah sangat mendukung. \"Kita akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik dalam penanggulangan bencana maupun dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat,\" ujarnya.

Ditambahkannya, TNI sekarang tidak hanya melakukan dwifungsi, namun sudah multifungsi. Personil TNI sudah banyak keikutsertaan atau keterlibatannya dalam setiap kegiatan dan kejadian, bukan hanya dalam penanggulangan bencana tapi juga dalam kepentingan rakyat. Di sisi lain, Danrem mengungkapkan, Korem Gamas akan melakukan pembangunan Denzipur tahun 2017 mendatang. Terdapat beberapa persyaratan dalam pembangunan ini, salah satunya dalam hal lokasi. Kabupaten Seluma, Rejang Lebong dan Bengkulu Selatan memprogres pembangunannya. \"Posisi strategis harus ditentukan, supaya tindakan tidak memakan waktu lama. Khususnya jika terjadi suatu bencana, sehingga lebih tanggap bencana dan jangan sampai ada korban nantinya,\" jelasnya.

Tahun 2018 diprediksi bangunan Denzipur akan siap untuk dioperasionalkan. Nantinya akan diisi oleh 300 personil atau sekitar 2 Kompi, jika dihitung bersama keluarganya mencapai 800 orang. \"Juga akan dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan, seperti alat berat dan lainnya. Bangunan dan personilnya akan sekelas dengan satuan detasemen, khususnya dalam hal tanggap darurat,\" ungkapnya.

Nantinya juga akan dibangun Kodim di Kabupaten Mukomuko, sehingga eksistensi TNI akan lebih meluas di semua penjuru Provinsi Bengkulu. Kegiatan karya bakti dan TMMD menjadi rutinitas yang dilakukan selama ini. Karya bakti sifatnya multiyears, seperti pembukaan jalan, pembangunan jembatan dan membuka akses untuk masyarakat. \"Tak lain untuk mempermudah masyarakat untuk beraktivitas, bertujuan untuk meningkat perekonomian rakyat dan mengatasi adanya ketertinggalan masyarakat. Sehingga masyarakat bisa sejahtera dan mempermudah peningkatan produktivitas hasil pertanian,\" tuturnya.

Perubahan masyarakat bukan hanya pada fisiknya saja, namun juga psikis atau pola pikir masyarakat harus lebih dikembangkan dan perhatikan. Supaya masyarakat lebih dapat memajukan daerahnya tanpa orang lain. \"Petani muda harus diberi pembinaan, bukan hanya dalam bertani saja namun juga dalam hal manajemen pertanian itu sendiri,\" ulasnya.

SDA Provinsi Bengkulu sudah sangat mendukung untuk kemajuan, namun SDM masih perlu ditingkatkan untuk memanfaatkan SDA yang ada dan tidak disalah gunakan. \"Mayoritas masyarakat Bengkulu bekerja dibidang pertanian dan perkebunan. Sehingga sudah seharusnya ditingkatkan, karena bidang pertanian sangat potensial untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,\" pungkasnya.(722)

Tags :
Kategori :

Terkait