Bapak Pembuang Bayi Dilimpahkan

Rabu 25-05-2016,10:20 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 

BINTUHAN,BE- Dua minggu lebih mendekam di sel tahanan Mapolres Kaur, berkas tersangka kasus pembuangan bayi laki-laki di Kecamatan Muara Sahung, IK (18), warga Desa Tri Tunggal Bhakti Kecamatan Muara Sahung segera menjalani persidangan.

Pelimpahan tahap kedua telah dilakukan dari penyidik Polres Kaur, ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Bintuhan, kemarin (24/5).

“Ya, untuk tersangka kasus pembuangan bayi di Muara Sahung yang dilimpahkan penyidik Polres Kaur sudah kita terima. Tersangka kini sudah kita tahan,” kata Kajari Bintuhan Douglas Pamino Nainggolan SH, melalui Kasi Pidum, Therry Guta SH.

Dikatakannya, tersangka merupakan bapak bayi laki-laki tersebut, saat ini telah dibawa ke Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) untuk dititipkan di Lapas Kelas IIB Manna. Lantaran di Kabupaten Kaur belum ada lapas. Dengan lengkapnya berkas tersangka, dalam waktu dekat ini yang bersangkutan akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Bintuhan untuk diadili.

Sedangkan IR (16) ibu pembuang bayi sudah dikembalikan pada orangtuanya. Karena berdasarkan sidang diversi IR dikembalikan dengan syarat harus menikah dan mengurus buah hatinya.

“Disini tersangka ini kita jerat dengan pasal 81 UU No 35 tahun 2016 tentang perlindungan anak, untuk hukuman maksimal 14 tahun penjara dan minimal 4 tahun penjara,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Kaur AKBP Bambang Purwanto S IK Kasat Reskrim AKPJohan Andika SE SIK membenarkan jika jika pihaknya telah melimpahkan tersangka kasus pembuang bayi tersebut. Sehingga dengan dilimpahkan tersangka tersebut, maka tersangka sudah menjadi tahanan Kejari Bintuhan. “Tersangka pembuang bayi sudah kita serahkan ke Penyidik Kejari untuk proses selanjutnya. Sekarang ini mereka sudah menjadi tahanan Kejari,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, kasus ini bermula, dari Sucipto (45) warga setempat, saat yang bersangkutan hendak melaksanakan salat subuh. Saat itu, ia terkejut karena ada suara tangisan bayi di sekitar pos ronda. Karena penasaran dengan suara tangisan itu, Sucipto akhirnya mencari suara tangisan bayi tersebut. Sontak saja ia terkejut, ternyata tangisan bayi tersebut memang berasal dari sosok bayi jenis kelamin laki-laki. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait