Wagub Bengkulu Resmikan PLBK dan Kotaku

Senin 18-04-2016,13:03 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Walikota Bengkulu Helmi Hasan meresmikan kegiatan Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLBK) dan Program Kota Bebas Kumuh (Kotaku) di Persada Bung Karno Kota Bengkulu, Senin (18/04/2016).

Sarosa Agung Nugroho, Satker Kotaku mengatakan Kota Bengkulu tahun 2014 - 2015 mendapatkan program PLBK pada 8 kelurahan dengan besar dana 1 miliar per kelurahan, dan akhir tahun 2015, 3 kelurahan kembali mendapat tambahan dana sebesar 1 miliar. Selain itu 7 kelurahan lainnya mendapatkan dana kolaborasi senilai 1.8 miliar yang dialokasikan dengan besaran berbeda setiap kelurahan tergantung dari usulan masyarakat di kelurahan.

Program PLPBK merupakan lanjutan dari program PNPM mandiri perkotaan.

\"Sebagaimana kita ketahui bahwa sejak tahun 2006 lalu program pemberdayaan masyarakat yang dikenal P2KP telah hadir di Provinsi Bengkulu ini, setelah hampir 11 tahun berjalan program ini telah mengalami transformasi dari segi nama dimulai dengan P2KP, PNPM, P2KKP dan sekarang menjadi Kotaku, akan tetapi ruh yang diemban oleh program ini tetap sama yaitu semangat pemberdayaan,\" terangnya.

Lanjutnya, melalui program ini telah banyak memberikan aset yang luar biasa bagi masyarakat. Bukan saja infrastruktur atau perubahan perekonomian masyarakat akan tetapi aset sumber daya manusia yang telah dilahirkan melalui program ini.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta program-program pembangunan yang memberdayakan masyarakat terus digalakkan. Kemudian kepada masyarakat penerima program, diharapkan dapat memelihara program dari pemerintah.

\"Rumah dibangun dipelihara, selokan dibangun dipelihara. Kemudian, kesinambungan program juga harus dijaga agar program tidak hilang begitu saja,\" pinta Rohidin (Dil)

Tags :
Kategori :

Terkait