500 Pohon Ditanam Di kawasan DMHB

Kamis 14-04-2016,10:35 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, BE - Untuk menjaga kelestarian lingkungan dan melawan pemanasan global, setidaknya 500 pohon akan ditanam di kawasan Danau Mas Harun Bastari (DMHB) dan Gedung Diklat Milik Pemkab Rejang Lebong yang ada di Desa Mojorejo Kecamatan Selupu Rejang.

Penanaman 500 pohon tersebut akan dilaksanakan oleh 125 pemuda se-Kabupaten Rejang Lebong dalam kegiatan yang bertajuk jelajah nusantara. Kegiatan ini sendiri dipelopori oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Rejang Lebong.

\"Kegiatan ini merupakan langkah positif sebagai salah satu upaya menyelamatkan bumi ini dari pemanasan global,\" ungkap Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM sata melepas peserta jelazah Nusantara di Halaman Kantor Kesbangpol Rejang Lebong Rabu (13/4) kemarin.

Menurut Wabup kegiatan jelajah nusantra yang dilakukan dengan kegiatan Kemah Bakti dan penanaman pohon tersebut selain untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena menurut Wabup, jenis pohon yang ditanam adalah pohon yang menghasilkan buah.

\"Selain menghasilkan oksigen, pohon yang kita tanam nanti juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat karena jenis yang kita tanam adalah pohon yang menhasilkan buah,\" papar Wabup.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Rejang Lebong, M Farid menjelaskan kegiatan yang bertajuk jelajah nusantara tersebut akan dilaksanakan selama dua hari. Kegiatan tersebut dipusatkan di kawasan Diklat Milik Pemkab Rejang Lebong yang ada di Desa Mojorejo atau diatas kawasan DMHB.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga melibatkan sejumlah pihak terkait lainnya seperti Organisasi kepemudaan, organisasi masyarakat, FKKPI, karang taruna dan Pramuka.

\"Untuk instruktur dari kegiatan ini kita libatkan kawan-kawan dari Polres Rejang Lebong, Brimob, Kodim 0409/Rejang Lebong dan sejumlah akademisi,\" jelas Farid.

Dalam kegiatan Jelajah Nusantara tersebut, selain dilakukan penanaman pohon juga dilakukan sejumlah kegiatan lainnya seperti bakti sosial berupa membersihkan lingkungan dan mengajak masyarakat untuk sama-sama memelihara lingkungan.

\"Dengan adanya kegiatan ini, kita berharap para pemuda di Rejang Lebong semakin kreatif untuk membangun Rejang Lebong ini,\" harap Farid.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait