Kulon Progo- Rejang Lebong Jalin Kerjasama

Kamis 14-04-2016,10:30 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, BE - Untuk meningkatkan kerjasama khususnya bidang kebudayaan antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Provinsi DIY dan Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Tim dari Kabupaten Kulon Progo Rabu (13/4) kemarin menyambangi Kabupaten Rejang Lebong.

Kedatangan tim dari Kabupaten Kulon Progo yang dipimpin Yudono Hindri disambut langsung oleh Wakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari SPd MM bersama Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karneli dan Kabag Humas Sekretariat Kabupaten Rejang Lebong, Nurdin.

Menurut Yudono, Kedatangan mereka ke Rejang Lebong untuk mengawali kunjungan yang nantinya akan dihadiri langsung Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo. Kedatangan dua pejabat tertinggi di Kulon Progo tersebut rencananya akan dilaksanakan di Desa Taktoy Kecamatan PUT.

\"Desa Taktoy menjadi tujuan kita, karena warga Desa Taktoy merupakan warga asli Kulon Progo yang transmigrasi ke Rejang Lebong,\" jelasnya.

Selain adanya kerjasama dengan Pemkab Rejang Lebong, kunjungan bupati dan ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo juga untuk bersilaturahmi atau temu kangen dengan warga Desa Taktoy.

\"Untuk kunjungan pak bupati dan Ketua DPRD akan dilaksanakan pada 23 Mei mendatang,\" tambahnya.

Lebih lanjut Yudono menjelaskan, kerjasama kebudayaan ini nantinya juga akan diawali degan penampilan sejumlah kesenian kulon progo seperti kesenian Angguk Putri yang sudah Go Nasional, kemudian kuda kepang.

Dengan adanya kegiatan tersebut ia berharap dapat melastarikan kebudayaan menggali dan mengembangkan kebudayaan yang ada. Dengan adanya kerjasama di bidang kebudayaan tersebut, Pemkab Kulon Progo juga berharap bisa dilanjutkan dengan kerjasama dibidang lainya termasuk pariwisata.

Sementara itu, Wakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari SPd MM mengaku sangat merespon upaya kerjasama ini. Sebab, selain positif nantinya kerjasama dibidang lainya bisa dilaksanakan dan Rejang lebong juga bisa dikenal.

\"Tentunya hita baik ini akan kita sambut baik juga, nanti dalam pertemuan tersebut kita juga akan menampilkan kesenian khas Rejang Lebong. Kita juga berharap kegiatan ini kedepannya bisa dilanjutkan dan ditingkatkan,\" harap Wabup. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait