3 Bulan Kades Belum Gajian

Kamis 07-04-2016,13:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BINTUHAN, BE - Duh, sudah tiga bulan lebih sejumlah Kepala Desa (Kades) dan perangkat desa se-Kabupaten Kaur hingga sekarang belum menerima gaji.  Padahal, desa sudah menyusun anggaran dan pendapatan belanja desa (APBDes) untuk pencairan dana alokasi khusus ditambah dengan dana desa.

“Sudah tiga bulan kami belum menerima gaji, kami tidak tahu penyebabnya apa.  Mungkin karena belum cair ADD,” kata Widi Harto Kades Tanjung Kemuning I yang juga Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kaur, kemarin.

Dikatakan Widi, ia berharap gaji para Kades ini bisa cair bulan April.  Sebab saat ini 192 Kades dan perangkat desanya sangat mengharapkan gaji itu segera cair, karena gaji Kades bukan seperti anggaran dana desa (ADD), tapi rutin.  Saat ini, dia dan kepala desa lainnya di Kaur hanya bisa bersabar dan menahan diri.

“Kalau sekarang kami hanya bisa bersabar, dan ini juga mungkin karena kesalahan Kades karena belum melengkapi persyaratan pencairan gaji,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (BPMD-KB) Kaur, Jon Harimol SSos saat dkonfirmasi BE mengakui selama tiga bulan lebih terhitung sejak Januari hingga sekarang, Kades dan perangkatnya belum menerima gaji.

Hal ini terjadi karena alokasi dana desa (ADD) belum bisa cair menyusul belum lengkapnya persyaratan pengajuan pencairan yang dilakukan desa-desa di Kaur. “Gaji Kades itu sudah ada dan kita siap mencairkannya, asalkan sesuai persayaratan.  Tapi sampai sekarang ini belum ada satu pun Kades yang melengkapi SPJ pencairan gaji ini,” jelasnya. (618) Daftar Gaji Kades, Perangkat dan BPD Kabupaten Kaur 2016 No Nama Jabatan    Gaji Baru + Tunjangan 1. Kepala Desa    Rp 1.850.000 2. Sekdes    Rp 1.100.000 3. Perangkat Desa    Rp 950.000 4. Ketua BPD    Rp 600.000 5. Wakil BPD    Rp 500.000 6. Sekretaris BPD    Rp 450.000 7. Anggota BPD    Rp 400.000 8. Bendahara Desa    Rp 400.000

Tags :
Kategori :

Terkait