Rejang Lebong Siap Hadapi UN

Senin 21-03-2016,09:52 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, BE - Menjelang dilaksanakannya ujian nasional (UN) tingkat SMA dan SMP pada tahun 2016 ini, Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM, mengaku Rejang Lebong sudah siap menghadapi kegiatan tahunan tersebut. \"Kalau dari segi kesiapan, kita saat ini sudah siap, baik dari kesiapan sekolah maupun pesertanya,\" ungkap Iqbal.

Menurut Wabup dalam menghadapi UN tahun 2016 ini, sejumlah persiapan baik mental dan peserta, kesiapan pihak sekolah dan panitia terus dibenahi. Salah satu upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mempersiapkan UN tersebut yakni dengan melakukan try out serta tambahan pelajaran dan sejumlah persiapan lainnya.

Masih menurut Wabup, meskipun tahun ini penentuan kelulusan dikembalikan pada sekolah, namun Wabup akan melihat kejujuran dilakukan oleh masing-masing sekolah dalam pelaksanaan UN. \"Sekarang kita pakai indeks kejujuran, saya akan cari sekolah mana yang paling jujur dalam melaksanakan UN, caranya sudah saya siapkan,\" tambah Wabup.

Lebih lanjut ia menjelaskan, salah satu trik yang akan dilakukan untuk melihat indeks kejujuran yakni dengan melihat dan memantau hasil kerja siswa di masing-masing sekolah.

\"Mungkin kita bisa lihat kalau jawabannya serentetan betul semua, dan serentetan salah semua, atau diselang-seling nanti akan kita lihat hasilnya,\" jelas Wabup.

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengharapkan pihak sekolah yang ada di Rejang Lebong tidak asal meluluskan siswanya. Karena menurutnya yang terpenting adalah menghasilkan pelajar berkualitas, serta bisa meningkatkan mutu pendidikan di Rejang Lebong.

Di sisi lain ia juga menjelaskan bahwa untuk tingkat SMA dalam pelaksanaan UN, hanya ada 2 sekolah yang sudah siap melaksanakan UN dengan mekanisme Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK), yakni SMA Negeri 1 Curup Tmur dan SMK Negeri 1 Curup Timur.

\"Untuk tahun ini baru dua sekolah yang menggunakan sistem komputer, namun lambat laun akan kita siapkan untuk sekolah lainnya sehingga nantinya seluruh sekolah yang ada di Rejang Lebong menggunakan sistem komputer,\" akhir Wabup. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait