Puting Beliung Hantam Kaur

Sabtu 19-03-2016,09:00 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

KAUR SELATAN,BE- Hujan disertai angin kencang di wilayah Kabupaten Kaur, kemarin (17/3) malam, membuat bangunan rumah permanen dan semi permanen di tiga Desa yakni Suka Bandung, Pahlawan Ratu dan Desa Gedung Sako I Kecamatan Kaur Selatan porak-poranda diterjang angin puting beliung. Akibatnya, sedikitnya 39 atap rumah warga rusak dan membuat kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

“Saat itu tiba tiba datang hujan terus disusul angin yang memutar, saya ketakutan dan bingung mau keluar takut kejatuhan genting karena pada jatuh. Saya sama anak saya hanya diam didalam rumah,” ujar Abdul Rahman (48), warga Desa Suka Bandung yang menjadi korban puting beliung kepada BE kemarin.

Bencana alam itu terjadi sekitar pukul 20.30 WIB, pada malam hari, diiringi hujan yang lebat dan angin kencang. Tak lama kemudian, puting beliung tersebut langsung menyapu perkampungan beberapa desa di Kecamatan Kaur Selatan. Melihat kejadian malam itu, warga sempat panik, karena angin begitu kencang. Tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian material diperkirakan hingga ratusan juta rupiah. Warga bersama Polri, TNI dan tim relawan langsung bergotong royong membersihkan puing puing akibat puting beliung tersebut.

“Kejadian itu sekitar pukul 20.30 WIB, ada angin puting beliung, dan tidak ada korban jiwa di desa kami ini, tapi 23 rumah warga saya rusak,” ujar Sutarnawan Kepala Desa (Kades) Gedung Sako I kemarin.

Kepala Desa Suka Bandung Burman, saat di temui dilokasi kejadian mengatakan bahwa angin puting beliung datang secara tiba-tiba yang disertai dengan hujan yang sangat lebat. Burman mengaku akibat kejadian itu sedikitnya ada 10 rumah warga rusak hingga semua atapnya terbalik. Menurutnya kerugian yang di alami warganya di taksir mencapai puluhan juta rupiah.

“Waktu kejadian itu memang cepat saat hujan deras, tiba-tiba angin berhembus kencang yang menyebabkan terjadinya bencana angin puting beliung ini,” terang Kades.

Camat Kaur Selatan Bahasim MTPd yang turun memantau rumah penduduk yang menjadi korban bencana itu, mengaku jumlah rumah yang rusak yang ditimbulkan akibat angin puting beliung yang terjadi, tercatat 39 rumah yang berada di Desa Suka Bandung 10 rumah, Pahlawan Ratu 6 rumah dan Desa Gedung Sako I 23 rumah. Rata-rata rumah yang mengalami rusak dibagian genting akibat bencana angin puting beliung tersebut. “Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, dan berdasarkan dari laporan ada 39 rumah warga yang menjadi korban puting beliung itu. Nanti mereka ini akan kita usahkan mendapatkan bantuan,” terang Camat.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur Dihan Bastari MTPd, saat tiba ke lokasi untuk membantu warga membersihkan puing puing, mengakui jika ada 39 unit rumah yang rusak akibat bencana angin puting beliung. Kerusakan bervariasi ada yang ringan dan sedang. Ia juga memastikan tidak ada korban jiwa dari kejadian itu.

\"Kejadian ini tidak ada kerusakan yang parah, hanya kerusakan atap rumah saja. Juga tidak ada korban jiwa. Mereka nanti juga akan kita usahkan mendapatkan bantuan,” jelasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait