19 Titik Dilintasi Gerhana

Senin 07-03-2016,09:00 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 

BENGKULU, BE - Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan selain di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 juga akan melintasi di 9 wilayah se-Provinsi Bengkulu. 9 wilayah itu ialah wilayah Kota Bengkulu, Karang Tinggi, Muara Aman, Arga Makmur, Curup, Kepahiang, Tais, Manna dan Bintuhan.

Kepala Seksi Informasi BMKG Provinsi Bengkulu, Sudianto mengatakan bahwa dari 9 wilayah tersebut merupakan wilayah dataran tinggi. Sehingga masyarakat dapat langsung menyaksikan fenomena langka tersebut.

\"Di Bengkulu terdapat dua kota yang terlewati jalur totalitas, yaitu Muko-muko, dengan magnitudo gerhana sebesar 1,008 dan Muara Aman, dengan magnitudo sebesar 1,006. Durasi totalitas di masing-masing kota tersebut adalah 1 menit 43,0 detik dan 1 menit 29,9 detik. Selebihnya hanya gerhana sebagian,\" terang Sudianto kepada BE, kemarin.

Lanjut Sudianto, kota-kota lainnya di Bengkulu yang mengalami gerhana matahari sebagian tersebut dengan magnitudo gerhana terentang antara 1,000 sebelah Selatan Muara Aman hingga 0,930 di Bengkulu bagian Selatan.

\"Gerhana matahari ini dimulai pada pukul 06:20 WIB, kemudian puncak gerhana terjadi pada pukul 07:20 WIB, dan gerhana akan berakhir pada pukul 08:28 WIB,\" paparnya.

Sementara itu, Bengkulu Mountaineers Community (BMC) juga menyatakan selain Bukit Kaba Kabupaten Rejang Lebong, ada 19 titik lokasi yang dilintasi oleh gerhana matahari (lihat grafis). 19 titik tersebut merupakan wilayah yang tidak terhalang oleh Bukit Barisan yang ada di wilayah Provinsi Bengkulu.

\"19 lokasi ini kita ambil dari data pengamatan kita dan perbandingan data BMKG. Karena memang 19 lokasi tersebut, sangat strategis untuk melihat gerhana matahari tersebut,\" jelas Ketua BMC, Irtry Prayudi yang akrap disapa Kojek.

Kojek menjelaskan bahwa gerhana matahari akan terlihat pertama di Kota Bengkulu pada pukul 6:19:59.4 WIB. Kemudian di lanjautkan di Muara Aman, Arga Makmur, Karang Tinggi, Curup, Kepahiang, Tais, Kota Manna dan Bintuhan. Sedangkan Kabupaten Mukomuko, akan muncul pada kontak kedua, yaitu pukul 7:19:0.3 WIB dengan puncak gerhana pada pukul 7:19:51,8 WIB, dengan durasi 2:6:42.2 detik (Lihat grafis). Hal disebabkan karena matahari masih belum terbit di kota tersebut.

\"Bengkulu ini dikelilingi oleh bukit baris, jadi ini lah yang paling membuat terhalangnya beberapa wilayah kita,\" katanya.

Untuk durasi gerhana sendiri, yang dapat teramati di Bengkulu rata-rata adalah 2 jam 8 menit. Namun, dalam realisasinya durasi gerhana yang akan teramati di Mukomuko akan kurang dari waktu tersebut. Hal ini mengingat waktu kontak awal gerhana di kota tersebut terjadi sebelum Matahari terbit. \"Ada beberapa perbedaan durasi, hal ini karena perbedaan wilayah dan tingkat ketinggian wilayah tersebut,\" pungkas Kojek. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait