Bengkulu Tempat Terbaik Menyaksikan Gerhana Matahari Total, Ini Alasannya…

Jumat 04-03-2016,23:00 WIB

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Bagi siapa saja yang ingin menyaksikan fenomena alam langka gerhana matahari total, bisa datang langsung ke Provinsi Bengkulu pada tanggal 9 Maret 2016. Bengkulu dianggap menjadi salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan Gerhana matahari total. Sebab, berdasarkan perhitungan dari BMKG Provinsi Bengkulu menjadi daerah pertama yang dilalui oleh gerhana.

\"Saya dapat kabar dari Wakil Presiden Jusuf Kalla yang mendapatkan informasi dari BMKG, Bengkulu menjadi Provinsi pertama yang dilewati oleh gerhana matahari total,\" ujar Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti (RM).

Karena menjadi daerah pertama yang dilewati, RM berinisiaif untuk memusatkan kegiatan menyambut gerhana matahari total di Benteng Marlborough.

Dikatakannya, Benteng Marlborough menjadi pusat kegiatan karena bangunan peninggalan inggris tersebut memiliki nilai sejarah.

\"Benteng Marlborough memiliki nilai historis. Karena pengkonsumsi gerhana matahari paling besar adalah eropa. Ini kita punya link, Raflessia itu adalah inggris. Arahnya ke situ kira-kira,\" sebut RM.

Provinsi Bengkulu menjadi daerah pertama yang mengalami gerhana matahari total. Kabupaten Mukomuko menjadi lokasi yang mengalami gerhana 100 persen. Sedangkan Kota Bengkulu sekitar 90 persen.

Provinsi Bengkulu akan mengalami gerhana matahari total pada pagi hari pada pukul 06.20 WIB.Puncak Gerhana akan terjadi pada pukul 07.19 WIB. (Dil)

Tags :
Kategori :

Terkait