Bayi Lahir Dempet di Kepahiang

Jumat 04-03-2016,09:00 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

KEPAHIANG, BE - Kelahiran bayi kembar siam (dempet) kembali terjadi di Kepahiang. Kali ini dialami pasangan Sulindri (30) dan Amrullah Yuzandi (42) warga Kelurahan Keban Agung, Kecamatan Bermani Ilir Kepahiang. Bayi kembar berjenis kelamin perempuan dengan dempet pada bagian perut tersebut dilahirkan melalui operasi caesar di RSUD Kepahiang pada Kamis (3/3) kemarin sekitar pukul 09.20 WIB.

\"Berat badan anak kami tersebut 3,8 Kg, memiliki 2 anus dengan posisi perut berdempetan,\" ujar Amrulah.

Disampaikannya, tanda-tanda kelahiran buah hatinya tersebut sudah dirasakan sang isteri dengan perut terasa sakit dan disertai adanya air ketuban pada Rabu (3/3) kemarin.

\"Melihat tanda kelahiran itu, maka istri saya bawa ke rumah sakit, dan setelah diperiksa oleh dokter spesialis anak dr Sazili mengindikiasikan jika usia kandungan sudah mencukupi melahirkan,\" ungkap Amrulah

Menurut Amrulah, setelah diperiksan oleh dokter maka diputuskan untuk melahirkan melalui operasi caesar.

\"Anak pertama dan anak kedua saya juga perempuan yang dilahirkan secara normal. Tapi untuk anak ketiga ini lahirkan melalui bedah caesar,\" kata Amrulah

Namun setelah bayi berhasil dikeluarkan dari rahim sang isteri diketahui jika bayi dalam kondisi kembar siam.

\"Ya, mau apa lagi. Ini semua keinginan dari yang maha kuasa. Yang jelas selama menjalani kehamilan tidak ada tanda tanda apapun,\" ujar Amrulah.

Disinggung soal biaya persalinan, Amrulah sedikit kebingungan. Soalnya kepengurusan BPJS masik dalam proses.

\"Itu saya bingung, soalnya ketika lahir, kartu BPJS nya belum keluar, karena masih proses. Kalau harus menjalani layanan umum biayanya cukup besar,\" keluh Amrulah

Sementara Plt Direktur RSUD Kepahiang, H Tajri Fauzan SKM MKes menyampaikan peristiwa kelahiran bayi kembar siam sudah dua kali terjadi di Kepahiang. Dimana sebelumnya terjadi pada tahun 2013 lalu.

\"Kasus kelahiran bayi kembar sudah dua kali di RSUD Kepahiang, pertama pada tahun 2013 lalu dan yang kedua terjadi pada saat ini,\" sampai Tajri.

Dikatakannya, untuk biaya persalinan bayi kembar siam tersebut saat ini masih melalui jalur pasien umum. Ini lantaran kepengurusan BPJS belum dilakukan pihak keluarga.

\"Tadi (kemarin,red) Bupati Kepahiang DR Ir Hidayatullah Sjahid MM juga sudah melihat langsung kelahiran bayi kembar siam tersebut di rumah sakit,\" sampai Tajri.(505)

Tags :
Kategori :

Terkait