Abrasi Ancam Rumah 42 KK

Sabtu 02-01-2016,12:51 WIB

AIR NIPIS, BE – Warga Desa Muara Pandan, Air Nipis, Bengkulu Selatan saat ini resah. Pasalnya tanah pemukiman mereka sudah sebagian kena abrasi Sungai Air Ndelengau. Bahkan saat ini sudah ada 3 rumah yang roboh, kena abrasi.

Ditambah lagi, saat ini musim penghujan, warga khawatir disaat sedang tidur Sungai Air Ndelengau terkena abrasi dan mengancam rumah warga. “Dulu sudah 3 rumah yang roboh dan dipindahkan, saat ini 42 rumah pun terancam abrasi sungai Air Ndelengau,” kata Zainal tokoh masyarakat setempat kepada BE, Kamis (31/12).

Dengan sudah adanya rumah warga yang pindah karena tanahnya amblas ke sungai, Zainal berharap Pemda BS dapat segera memasang bronjong di sepanjang pinggir sungai tersebut, agar tidak ada lagi rumah warga yang pindah karena khawatir dihantam sungai. Sebab dengan adanya bronjong, jika hujan turun dan air meluap, maka arus sungai terhambat oleh bronjong tersebut, dan pinggiran pemukiman tidak akan abrasi atau longsor kembali. Maka rumah warga pun akan selamat dari amukan arus sungai.

“Sudah setengah tahun ini areal pemukiman warga kami kena abrasi, kami sangat berharap agar pemda dapat memasang bronjong agar pemukiman kami selamat dari amukan arus sungai,” harap Zainal.(369)

Tags :
Kategori :

Terkait