Dinsos Tangkap 5 Orang Gila

Rabu 23-09-2015,11:37 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

Dimandikan dan Diantar ke RSJ

BENGKULU, BE - Dinas Sosial Kota Bengkulu melakukan razia orang gila (Orgil) yang berkeliaran di seputaran Kota Bengkulu pada pukul 10.00 WIB, kemarin. Untuk razia ini, Dinsos menggandeng Satpol PP dan Polres Kota Bengkulu.

Dalam razia tersebut berhasil ditangkap 5 orang gila di lokasi yang berbeda. Ke-5 hasil tangkapan ini kemudian dibawa ke kantor Dinsos untuk dibersihkan sebelum di bawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kota Bengkulu.

Awalnya, pihak Dinsos melakukan penyisiran didaerah-daerah yang sering ditemukan orgil, namun dari hasil tersebut hanya mendapatkan 1 orang yang berada di Jalan Sutoyo Tanah Patah. Namun, ketika melakukan penyisiran lagi sekitar pukul 14.00 WIB, Dinsos menemukan 4 orang lagi, yakni di Jalan Soeprapto, dan kawasan Bencoolen Mall.

Kepala Dinas Sosial Kota, Syarifuddin mengatakan bahwa orang gila ini bukan berasal dari Kota Bengkulu, melainkan berasal dari luar daerah Kota Bengkulu. Kendati demikian, pihaknya akan mengirim Orgil tersebut ke rumah sakit jiwa, namun sebelum dibawa, diperbaiki terlebih dahulu, dengan cara dicukur rambutnya, dipotong kuku, dimandikan serta diberikan baju yang layak dan bersih.

\"Hal ini bukan dilakukan dalam rangka apapun, cuma karena memang tugas dinas sosial dalam wujud kepedulian terhadap masyarakat. Jadi nanti setelah dibersihkan kita kasih makan dulu, karena kita memang sudah bekerjasama dengan RSJ, maka nanti kita antar untuk diobati disitu,\" kata Syariffudin.

Menurut Syariffudin, hal tersebut tentu menjadi suatu keprihatinan sekaligus kekhawatiran di tengah masyarakat, dan menimbulkan rasa malu jika di tengah kota masih banyak ditemukan orang gila yang berkeliaran.

\"Kita juga merasa malu, kok ditengah kota masih banyak orang gila berkeliaran seperti ini. Jadi kita akan terus lakukan penertiban ini, mungkin untuk selanjutnya sehabis lebaran haji nanti. Akan kita telusuri tempat-tempat nogkrong mereka ini, karena sebenarnya tentu pasti masih ada,\" imbuhnya. (805)

Tags :
Kategori :

Terkait