Kades Diminta Buat Terobosan

Sabtu 05-09-2015,14:12 WIB

BINTUHAN, BE- Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMDP-KB) Kaur Jon Harimol SSos mengingatkan para Kepala Desa (Kades) agar dapat membaur dengan msyarakatnya serta menampung aspirasi masyarakat didesanya.

“Selain bisa menampung keluhan masyarakat, Kades juga harus menciptakan ide dan terobosan terbaru untuk membangun desanya,” kata Jon Harimol kemarin.

Matan Kepala BKD dan PU ini mengatakan, pelayanan itu diberikan oleh Kades kepada masyarakat wajib dilakukan, karena masyarakat telah memilih pemimpin untuk bisa membawa perubahan desa ke arah yang lebih baik dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Masyarakat memberikan amanah kepada Kades harus digunakan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Lanjutnya, seorang Kades tidak hanya mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, juga mampu memberikan kontribusi masyarakat terkait perekonomian. Tentu ini menuntut seorang Kades bisa mampu membaca peluang potensi menjanjikan di desanya, seperti dibidang pertanian, perkebunan, dan peternakan.

“Kades wajib bisa membaca peluang atau terobosan baru bagi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi,” tegasnya.

Ditambahkannya, terobosan itu, misalnya dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan maupun masyarakat untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam di desa, untuk dikelola dan dikembangkan demi peningkatan sumber pendapatan asli desa. Untuk itu pihaknya berharap, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan

Kades juga dapat membaca peluang potensi untuk dikembangkan, Kades juga bisa melaksanakan penataan administrasi desa baik menyangkut pembukuan maupun keuangan.

“Semua itu dilakukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa masing-masing. Sehingga penyelenggaraan pemerintahan Desa bisa berjalan dengan baik,” jelasnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait